-->

Wamenlu AS Wendy Sherman Kunjungi Solomons dan Australia


CANBERRA, LELEMUKUCOM - Wakil Menteri Luar Negeri AS Wendy Sherman mengadakan pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri Australia Penny Wong di Canberra, Senin (8/8).

Kunjungan Sherman ke Australia dilakukan setelah ia menghadiri peringatan ke-80 Pertempuran Guadalkanal di Honiara yang diselenggarakan oleh pemerintah Kepulauan Solomon. Pertempuran Guadalkanal adalah salah satu pertempuran laut paling bersejarah di Samudera Pasifik selama Perang Dunia Kedua. Ia mengatakan AS sedang berusaha untuk memperluas kehadiran diplomatiknya di kawasan Pasifik.

Para upacara peringatan di sebuah bukit kecil yang dinamakan Bloody Ridge, Wakil Menteri Pertahanan Jepang Makoto Oniki terlihat hadir. Ia menyampaikan "belasungkawa terdalam" bagi mereka yang tewas dalam pertempuran itu. Ayah Sherman bertempur di sana selama Perang Dunia II.

Perjalanan Sherman ke kawasan Pasifik juga dilakukan setelah AS dan beberapa negara Pasifik menyatakan keprihatinan mendalam tentang pakta keamanan yang ditandatangani Solomon dengan China pada April, yang dikhawatirkan banyak pihak dapat meningkatkan kehadiran militer China di wilayah tersebut.

Sherman juga telah mengunjungi Samoa dan Tonga dan berencana untuk mengunjungi Selandia Baru. (VOA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel

powered by