-->

PM Ethiopia Abiy Ahmed Bertekad Kalahkan Pemberontak


ADIS ABABA, LELEMUKU.COM - Perdana Menteri Ethiopia Abiy Ahmed mengutuk dua pembantaian yang terjadi baru-baru ini yang menarget anggota kelompok etnis Amhara sebagai “tindakan kekerasan tidak manusiawi” yang dilakukan oleh “kekuatan jahat.”

Pembantaian terbaru terjadi pada Senin (4/7) lalu di zona Wellega Barat di wilayah Oromia Ethiopia, dengan jumlah kematian yang belum diketahui.

Pembunuhan itu menyusul insiden terpisah pada bulan lalu di mana orang-orang bersenjata membunuh 338 penduduk desa Amhara, menurut angka resmi pemerintah.

Pemerintah Ethiopia menuduh Tentara Pembebasan Oromo – atau OLA – atas pembunuhan tersebut. Kelompok pemberontak itu mengklaim berjuang untuk otonomi yang lebih luas bagi Oromo, kelompok etnis terbesar di Ethiopia, tetapi telah dituduh melakukan serentetan pelanggaran hak asasi manusia berdarah.

Berbicara kepada anggota parlemen pada Kamis, Abiy berjanji untuk memusnahkan OLA.

Pidato Abiy itu disampaikan sehari setelah parlemen Ethiopia mengheningkan cipta untuk para korban pembantaian dan membentuk komite penyelidikan.

Layanan telepon ke daerah tersebut terputus, sehingga sulit untuk memverifikasi jumlah orang yang tewas dalam kekerasan pada Senin lalu, yang telah memicu meningkatnya ketidakpuasan di antara etnis Amhara. (VOA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel