-->

Virus Flu Burung Mulai Muncul di Negara-negara Afrika

Virus Flu Burung Mulai Muncul di Negara-negara Afrika.lelemuku.com.jpg

LOME, LELEMUKU.COM - Beberapa negara di Benua Afrika mulai muncul Virus H5N1 atau flu burung. Beberapa negara yang mengkonfirmasi kemunculan virus tersebut diantaranya Ghana, Togo, Niger, Burkina Faso, Nigeria, Mauritania, Senegal, Pantai Gading dan Benin.

Dua negara terbaru yakni Pantai Gading dan Benin mulai muncul virus tersebut. Di sebelah timur ibukota Abidjan, Pantai Gading, flu burung diidentifikasi pada ternak unggas. Wilayah yang disebut dilanda virus itu adalah lingkungan Grand Bassam.

Kementrian Peternakan Pantai Gading pada Rabu (18/8), mengatakan setelah sejumlah besar unggas mati, mereka melakukan pengujian laboratorium dan mengkonfirmasi keberadaan virus H5N1.

Otoritas berwenang telah membatasi pergerakan unggas di wilayah tersebut sampai dengan radius 42 kilometer. Burung-burung juga telah dimusnahkan di dekat peternakan yang diketahui terinfeksi virus.

Namun tidak ada rincian berapa banyak unggas yang mati dan berapa banyak burung-burung yang telah dimusnahkan tersebut.

Pantai Gading, pernah dilanda flu burung pada tahun 2016 dan tahun 2015 lalu. Serangan virus yang terbaru, tidak disebutkan apakah telah menginfeksi manusia. Namun pemerintah telah menunda impor unggas dari negara yang terinfeksi.

Virus ini sendiri telah menggegerkan dunia pada tahun 2003 lalu. Virus awalnya menyerang ternak ayam dan orang-orang di benua Asia, akan tetapi virus tersebut kemudian tak terbendung dan menyebar ke seluruh dunia, termasuk ke Timur Tengah, Eropa dan Afrika.

Pada saat itu, negara di Afrika yang dianggap menjadi endemik virus flu burung adalah Mesir. Tapi kemudian, flu burung juga menyebar di Afrika Barat, dengan Nigeria adalah yang paling parah. (Gilang)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel