-->

Bibit Siklon Tropis 99S Sebabkan Banjir Seluruh Wilayah di Nusa Tenggara Timur


KUPANG, LELEMUKU.COM –  Bibit Siklon Tropis atau Tropical Cyclone 99S menjadi penyebab banjir yang melanda Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Menurut laporan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sebagai Tropical Cyclone Warning Center (TCWC) Jakarta, Bibit Siklon Tropis 99S ini muncul di Laut Sawu, NTT sejak Rabu, 31 Maret 2021.

Akibatnya beberapa wilayah di NTT seperti pesisir Utara pulau Flores dan Pulau Alor, pesisir Utara pulau Timor dan Rote,  pesisir Selatan pulau Timor dan Rote, pesisir pulau Sumba, pesisir pulau Sabu Raijua mengalami banjir akibat hujan deras dan banjir pesisir (rob) dari laut.

Beberapa wilayah yang mengalami dampak berat diantaranya Kota Kupang, Kabupaten Kupang, Kabupaten Malaka, Kabupaten Flores Timur, Kabupaten Lembata, Kabupaten Rote Ndao dan Kabupaten Ende.

Di Kota Kupang, sejumlah fasilitas umum terendam banjir, diantaranya SMAK Giovanni Kupang, Rumah Sakit Bhayangkara (RSB) Titus Uly Kupang dan Jalan di Kelurahan Sikumana, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang.

Puluhan rumah di Kelurahan Sulamu, Kecamatan Sulamu, Kabupaten Kupang terdampak banjir rob dan terendam air laut setinggi 30 sampai 40 sentimeter.

Di Kabupaten Lembata, pesisir kecamatan Ile Ape juga turut dihantam banjir pesisir yang menggenangi rumah dan bangunan di desa setempat. Selain di Ile Ape, di kecamatan Lebatukan, juga banjir ROB menghantam puluhan rumah warga dan fasilitas umum di desa beberapa desa

Sebanyak 23 desa pada 5 kecamatan di Kabupaten Malaka terendam banjir akibat meluapnya Sungai Benenai.

BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Tenau sendiri telah memberikan peringatan akibatadanya aktifitas pasang surut air laut, kondisi gelombang tinggi dan curah hujan tinggi dapat mempengaruhi kawasan pesisir dan berdampak pada terganggunya aktivitas transportasi dan ekonomi disekitar pelabuhan dan pesisir.

Masyarakat juga diminta untuk waspada dan siaga mengantisipasi dampak banjir pesisir ini. Selain itu, masyarakat dapat mengecek informasi terbaru terkait perkembangan cuaca di BMKG terdekat. (Gilang)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel