-->

Gempa Menengah Akibat Aktivitas Subduksi Lempeng Guncang Tapanuli Selatan


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Wilayah Samudera Hindia Pantai Barat Sumatera diguncang gempa tektonik hari Senin, 15 Februari 2021 pukul 11.57.14 WIB dengan magnitude 5,0. Episenter terletak di laut pada jarak 71 km arah baratdaya Kota Sipirok, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara pada kedalaman 74 km.

Kepala Bidang Mitigasi Bumi dan Tsunami BMKG, Dr. Daryono, S.Si., M.Si menyebutkan gempa itu merupakan jenis gempa menengah akibat aktivitas subduksi lempeng dengan mekanisme pergerakan naik (thrust fault).  

“Guncangan dirasakan di daerah Aek Godang, Pandan-Tapanuli Tengah, Sibolga dalam skala intensitas III MMI dimana guncangan dirasakan nyata dalam rumah, terasa seakan-akan truk berlalu,”  sebut dia pada Senin, 15 Februari 2021.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Hingga pukul 12.30 WIB siang ini hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan (aftershock). (Laura)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Banner IDwebhost

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel