-->

Gempa 4,1 SR Aceh Dipicu Sesar Dasar Laut


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Wilayah Banda Aceh diguncang gempa tektonik, Sabtu 9 Januari 2021 pukul 06.17.15 WIB dengan magnitudo 4,1. Episenter terletak pada koordinat 5,14 LU dan 95,02 BT tepatnya di laut pada jarak 66 km Baratdaya Jantho, Aceh Besar pada kedalaman 16 km.

Kepala Bidang Mitigasi Bumi dan Tsunami BMKG, Dr. Daryono, S.Si., M.Si mengatakan dengan memperhatikan kedalamannya, Gempa Aceh ini merupakan jenis gempa dangkal yang dipicu adanya aktivitas sesar di dasar laut pada bagian Lempeng Eurasia, di atas Lempeng Indo-Australia yang tersubduksi.

Guncangan gempa ini dirasakan di Blangme, Layeun, Lhoknga, dan Banda Aceh dalam skala intensitas III MMI dimana guncangan dirasakan seakan-akan ada truk berlalu.

Hingga pukul 11.00 WIB belum ada laporan dampak kerusakan akibat gempa. Meskipun berpusat di laut gempa ini tidak berpotensi tsunami karena magnitudo yang relatif kecil untuk dapat menimbulkan gangguan pada kolom air laut.

Hasil monitoring BMKG menunjukkan bahwa Gempa Aceh ini tidak diikuti aktivitas gempa susulan (aftershock). (Laura Sobuber)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel