-->

Nico Barito Sebut Seychlles Siap Dukung Pariwisata Maluku


AMBON, LELEMUKU.COM - Negara Republik Seychelles melalui Utusan Khusus Presiden Republik Seychlles untuk ASEAN, HE Nico Barito mengatakan pihaknya siap mendukung pengembangan pariwisata di Provinsi Maluku.  Hal itu disampaikan Nico saat akan bertolak menuju Jakarta, Sabtu (26/12/2020) di Bandara Pattimura, usai melakukan kunjungan kerjanya di Kota Ambon, Provinsi Maluku.

Utusan Presiden Seychelles ini berada di Ambon selama dua hari, terhitung sejak 24 hingga 26 Desember 2020 lalu, untuk membahas kerjasama di bidang pariwisata.

"Kalau Seychelle bisa terbaik artinya berhasil membangun ekonomi berbasis pariwisata, berbasis ekonomi pulau-pulau kecil, apa salahnya pengaĺaman itu kita bagi. Kalau memang Maluku mau belajar sedikit dari Seychelle, sehingga kedepan bisa mengangkat ekonomi daerah, kami siap berbagi pengalaman itu," kata Nico.

Tidak jauh beda dengan Indonesia, Seychelles yang terletak di Afrika juga merupakan negara kepulauan. Meskipun tergolong sebuah negara kecil, akan tetapi Seychelles dapat melesat sebagai negara dengan pendapatan per kapita tertinggi di Afrika yang diperoleh dari sektor pariwisata. Bahkan negara yang hanya sebesar Jakarta tersebut identik dengan "negara kecil, wisatawan papan atas, dikarenakan menjadi incaran selebritas dunia dan kalangan jetset untuk dijadikan sebagai tujuan wisata.

Kesuksesan Seychelles mengembangkan  pariwisata tanpa mengesampingkan kelestarian alam dan kearifan lokallah yang menjadi kunci utama.

Menurut dia, pulau-pulau kecil dan pesisir yang ada di Maluku bisa meraup penghasilan bagi daerah apabila manajemen pulau dikelola secara baik.

"Jadi jangan semua pulau kecil itu dirubah menjadi pulau yang ramai, karena  lama-lama tidak ada kelebihan lagi. Pulau-pulau kecil itu di bagi per segmen pasarnya. Jadi pulau-pulau kecil itu, kita kelola dengan baik, dengan sentuhan khusus, (karena kita juga harus menjaga privaci wisatawan), sehingga ini akan mempunyai pasar tersendiri.

Dan ini yang akan kami upayakan berbagi pengalaman dengan pulau-pulau yang ada di Indonesia," imbuhnya. Nico juga mengatakan, untuk mewujudkan hal tersebut, pihaknya siap memberikan pelatihan-pelatihan untuk menunjang SDM pariwisata di Maluku.

" Saya sudah sampaikan ke pak Gubernur saat pertemuan bersama beliau, kami bisa beri pelatihan atau training, kami bisa bikinkan master plan yang cocok. Dan kami siap mengundang pemerintah daerah untuk melakukan studi banding ke negara kami," kata Nico.
Pihaknya juga sebut Nico, dapat menyediakan mitra kerja.

"Nantinya Pemda sediakan pulau, siapkan perijinan, kita bawa partnernya untuk membangun, mengelola bersama," jelas Nico.
Nico mengaku, Gubernur Maluku Murad Ismail sangat menaruh perhatian terhadap pengembangan pariwisata di Maluku.

"Saya kira Maluku harus bersyukur punya bapak gubernur yang orangnya proaktif.

Saya kemari karena saya senang dengan pak gubernur, bukan hanya sebagai sahabat tetapi karena cara berpikirnya realistis, dimana komitmen politik beliau untuk membangun Maluku," tandas Nico. (HumasMaluku)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel