-->

Petrus Fatlolon Usul Agus Rohman Ganti Nama Kodim Saumlaki Jadi Kodim Kepulauan Tanimbar

 


SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Bupati Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, Petrus Fatlolon, SH., MH mengusulkan perubahan nama  Komando Distrik Militer (Kodim) 1507/Saumlaki menjadi Kodim 1507/Kepulauan Tanimbar kepada Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XVI/Pattimura, Mayjen TNI Agus Rohman, S.I.P., M.I.P pada Rabu, 04 November 2020.

Ia menyatakan permintaannya itu seturut dengan perubahan nama kabupaten tersebut dari Maluku Tenggara Barat (MTB) menjadi Kepulauan Tanimbar berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 2 tertanggal 23 Januari 2019 dan secara resmi diundangkan pada 28 Januari 2020 oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM), Yasona H. Laoly.

“Kami ingin bapak membantu kami dengan penyesuaian nama sehubungan perubahan nama Kabupaten MTB menjadi Kepulauan Tanimbar. Maka diharapkan kodim serta unsur TNI untuk bisa menyesuaikan sejalan perubahan nama tersebut,” pinta Fatlolon saat acara ramah tamah dan jamuan makan malam bersama Pangdam Agus Rohman yang sedang melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) di Tanimbar.  

Menjawab hal itu, Pangdam Agus Rohman berjanji akan melanjutkan usulan itu kepada Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Andika Perkasa, S.E., M.A., M.Phil., Ph.D. Ia pun sependapat dan berharap nama Kodim di wilayah itu bisa berubah seperti alasan perubahan nama kabupaten, yaitu mengembalikan jati diri Tanimbar yang sudah dikenal sejak dahulu.

Menurutnya permintaan Bupati Fatlolon sama seperti di Kodim 1510/Sanana, terletak di Kabupaten Kepulauan Sula, Provinsi Maluku Utara (Malut) yang akan dirubah namanya menjadi Kodim 1510/Kepulauan Sula pada Selasa, 17 November 2020 mendatang. 

Agus Rohman menambahkan jika dirinya baru saja meresmikan Kodim 1511/Pulau Moa di Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) yang merupakan pecahan dari Kodim Saumlaki dan rencananya secara bertahap akan meresmikan sekitar 11 Kodim di Maluku dan Malut.

“Sama seperti Kodim Sanana, nanti tanggal 17 November 2020 saya akan resmikan perubahan nama menjadi Kodim Kepulauan Sula. Semoga disini juga bisa dirubah,” jawab dia.

Sementara itu, Pangdam Agus Rohman didampingi Ketua Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) PD XVI/Pattimura, Dra. Ati Herati Agus Rohman dan rombongan mengunjungi Tanimbar pada Selasa, 03 November 2020 hingga Kamis, 05 Oktober 2020.

Dengan melakukan berbagai kegiatan, diantaranya berangkatan Satgas Pengamanan Pulau Terluar, Tutup Latihan Pratugas Yonif 734/Satria Nusa Samudera, Pengarahan Kepada Anggota Korum dan Persit Yonif 743/SNS dan Peninjauan Fasilitas Yon Komposit.

Datangi Kantor Persit Kodim Saumlaki dan Yonif 734/SNS, mengunjungi penenun tradisional Tais atau Tenun asal Tanimbar, Pengukir Patung Walut Tanimbar di Desa Tumbur, Tatap muka TNI dan Polri, Pemkab Tanimbar, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat serta rekreasi ke salah satu destinasi wisata Pantai Sembunyi di Desa Olilit. (Laura Sobuber)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel