-->

Inilah Profil Mulyadi - Ali Mukhni, Pasangan Calon Pilkada Sumatera Barat 2020

Mulyadi - Ali Mukhni.lelemuku.com.jpg

PADANG, LELEMUKU.COM - Politikus Partai Demokrat Sumatera Barat, Mulyadi dan politikus Partai Amanat Nasional (PAN) Ali Mukhni mendaftarkan diri sebagai calon Pasangan Kepala Daerah tingkat provinsi di kantor KPU Sumatera Barat pada Minggu, 6 September 2020 sore.

Keduanya mendaftar ke KPU dengan modal dukungan Partai Demokrat dan PAN yang memiliki 20 kursi di DPRD Sumbar. Keduanya juga memutuskan hubungan dengan Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan yang sebelumnya turut menjadi partai pengusung, setelah polemik pernyataan Ketua DPP PDIP Puan Maharani terkait Sumatera Barat dan Pancasila.

Mulyadi dan Ali Mukhni merupakan putra asli Sumatera Barat. Mulyadi lahir di Bukitinggi, Sumatera Barat, pada 13 Maret 1963. Ia menempuh pendidikan dasar dan menengah di Sumatera Barat dan SMA di Bandung, Jawa Barat. Bergelar Sarjana Muda Teknik Lingkungan dari Akademi Teknik Pekerjaan Umum (ATPU) Bandung (1987), ia mengambil jurusan Teknik Lingkungan di Universitas Trisakti hingga sarjana (1994).

Mengawali karier sebagai konsultan di bidang lingkungan, Mulyadi kemudian menjadi direktur dan komisaris di sejumlah perusahaan. Yakni Direktur PT Teifin Prima Rekayasa (1995-1996), Direktur Utama PT Adicitra Mulyatama (1996-2009), Komisaris Utama PT Adicitra Mulyatama (2009-2010).

Mulyadi bergabung dengan Partai Demokrat dan tercatat mulai menjadi pengusus sejak 2005. Adapun kariernya sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat dimulai pada 2009. Ayah dua anak ini kembali lolos ke Senayan dalam dua pemilihan legislatif berikutnya. Saat ini, dia duduk di Komisi III DPR yang menangani bidang hukum.

Selain berpartai, Mulyadi juga pernah aktif di sejumlah organisasi. Ia pernah menjabat Wakil Ketua Umum Dewan Pengurus Nasional Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (Inkindo) pada 2002-2006, Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Persatuan Konsultan Indonesia (Perkindo) pada 2006-2012, Ketua Dewan Pembina Perkindo pada 2012-sekarang, dan Wakil Ketua Komite Tetap Bidang Konstruksi dan Konsultasi Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) pada 2008-2010.

Sedangkan, Drs. H. Ali Mukhni yang lahir di Kampung Pauh, V Koto Kampung Dalam, Padang Pariaman, Sumatra Barat, 16 September 1956 adalah birokrat senior yang menjabat sebagai Bupati Padang Pariaman dua periode. Sebelumnya, dia juga Wakil Bupati Padang Pariaman periode 2005–2010.

Dia merupakan mantan Ketua DPW PAN Sumbar periode 2015–2020 sebelum diambil alih oleh Indra Dt Rajolelo pada periode 2020 ini. (Albert Batlayeri)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel