-->

Inilah Pidato Presiden Serbia, Aleksandar Vučić di Debat Umum PBB ke 75

Inilah Pidato Presiden Serbia, Aleksandar Vučić di Debat Umum PBB ke 75.lelemuku.com.jpg

NEW YORK, LELEMUKU.COM - Aleksandar Vučić, Presiden Republik Serbia dalam debat umum Sidang ke-75 Sidang Umum PBB di New York pada Rabu 23 September 2020 mengatakan Sidang Umum adalah tempat yang sangat signifikan, di mana negara-negara kecil memiliki hak dan kesempatan untuk mengutarakan pendapat dan membela mereka.

"Hanya dengan tindakan bersama, harmonisasi dan saling menghormati dapat ditemukan jawaban untuk tantangan global, yang ditunjukkan oleh respons pandemi, yang menekankan perlunya kerja sama internasional yang erat, di mana Perserikatan Bangsa-Bangsa dan badan-badan khususnya, seperti WHO, memiliki peran yang tak tergantikan dalam tanggapan terorganisir," ujar dia.

Ia mengucapkan terima kasih kepada para mitra di PBB atas bantuan mereka, sebab Serbia mengharapkan pertumbuhan ekonomi pada tahun 2020, meskipun tantangan terkait pandemi.

Keanggotaan penuh ke Uni Eropa adalah prioritas kebijakan luar negeri, dan Serbia juga berkomitmen untuk menyelesaikan hubungan dengan beberapa negara tetangga melalui dialog, katanya, menyoroti contoh kerja sama ekonomi di Balkan Barat.

"Memang, tanpa integrasi penuh Balkan Barat di Uni Eropa, ruang ekonomi dan politik bersama di benua itu tidak akan lengkap," kata dia.

Ia juga menunjuk pada beberapa inisiatif dan meningkatkan keprihatinan, dalam hal integritas teritorial tentang masalah provinsi otonom Kosovo dan Metohija, Serbia mendukung pelestarian perdamaian, stabilitas, kerja sama, dan kemajuan ekonomi sebagai insentif untuk menyelesaikan masalah yang berkepanjangan ini.

"Dialog Beograd-Priština yang baru-baru ini diperbarui di bawah naungan Uni Eropa adalah langkah pertama di jalur ini, bersama dengan penandatanganan perjanjian normalisasi ekonomi baru-baru ini di Washington DC," katanya sambil berterima kasih kepada Amerika Serikat atas perannya.

Ia menambahkan bahwa: " kami percaya bahwa kesepakatan antara Serbia dan Albania adalah kunci stabilitas regional ”. Serbia juga berkomitmen pada inisiatif global, termasuk pemeliharaan perdamaian, memerangi terorisme, dan mendukung Perjanjian Paris tentang perubahan iklim.

Meskipun Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa harus menjadi konstitusi komunitas global modern, dia mengatakan sangat disayangkan bahwa Serbia telah menyaksikan tindakan dan aktivitas sepihak pada akhir abad ke-20 yang merusak dan mempertanyakan efisiensi multilateralisme dan hukum internasional.

Mengingat pemboman yang saat itu adalah Republik Federal Yugoslavia, yang sangat melanggar Piagam dan tanpa persetujuan Dewan Keamanan, dia mengatakan Serbia membela kedaulatan dan integritas teritorialnya. Pada saat yang sama, ia membela hukum internasional, Piagam, dan supremasi Dewan Keamanan.

“Kami percaya bahwa penting untuk lebih memperkuat dalam upaya periode mendatang untuk pelestarian prinsip-prinsip Organisasi ini didirikan pada 75 tahun yang lalu,” katanya dengan berjanji komitmen Serbia untuk menjadi mitra yang dapat diandalkan untuk mencapai tujuan bersama.

“Kami yakin bahwa peran Perserikatan Bangsa-Bangsa dalam proses ini dan tetap tak tergantikan,” pungkasnya. (PBB)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel