Budi Indra Dermawan Kunjungi Kampung Tangguh Semeru di Bolorejo - #Lelemuku | Lelemuku.com - Kebanggaan Anak Negeri | Portal Berita yang Informatif dan Objektif

Budi Indra Dermawan Kunjungi Kampung Tangguh Semeru di Bolorejo

Budi Indra Dermawan Kunjungi Kampung Tangguh Semeru di BolorejoBOLOREJO, LELEMUKU.COM - Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jawa Timur Kombes Pol Budi Indra Dermawan bersama jajarannya mengunjungi Kampung Tangguh Semeru di Desa Bolorejo, Kecamatan Kauman, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Minggu (31/5/2020).

Dalam kunjungan tersebut, rombongan disambut Kapolres Tulungagung AKBP Eva Guna Pandia bersama sejumlah PJU Polres Tulungagung, Muspika Tulungagung, dan para tokoh desa setempat.

Dirlantas Polda Jawa Timur menjelaskan, kunker bersama rombongan sekaligus untuk menilai program Kampung Tanggung Semeru di Desa Bolorejo, Kecamatan Kauman, Kabupaten Tulungagung.

Ia melanjutkan, terdapat beberapa poin penilaian dalam program yang dicanangkan Kapolda Jatim ini. Seperti, penyemprotan cairan disinfektan pada setiap kendaraan yang masuk kampung, pengecekan suhu tubuh setiap warga yang masuk kampung dengan alat thermo gun, fasilitas cuci tangan bagi warga yang masuk kampung, peragaan 12 gerakan lantas oleh Linmas, dan penyediaan dapur umum.

Di samping itu, Dirlantas Polda Jatim juga mengecek beberapa fasilitas umum seperti ruang karantina mandiri, dapur umum, lumbung pangan hingga bank sampah yang dimodifikasi jadi pembibitan lele. Pihaknya juga mengecek kesiapan mobil ambulans dan pasukan pemulasaran jenazah sesuai protokol Covid-19. Dalam kesempatan ini, Kombes Budi juga menyerahkan bantuan masker dan hand sanitizer.

Selain meninjau sejumlah fasilitas umum, Kombes Pol Budi Indra Dermawan juga meresmikan Pos Digital Astuti (Agunge Sikap Tulung Tinulung).
“Ini satu-satunya Kampung Tangguh yang memiliki Pos Digital Astuti di Jawa Timur, bahkan di Indonesia. Keberadaan Pos Digital Astuti ini memudahkan interaksi masyarakat dengan Polri,” tuturnya.

Pasca melakukan pemeriksaan, Kombes Pol Budi mengapresiasi keberadaan Kampung Tangguh Semeru di Desa Bolorejo. Dirlantas Polda Jatim berharap masyarakat mendukung keberadaan Kampung Tangguh guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan cara menaati protokol kesehatan menghadapi tatanan kenormalan baru (New Normal).

Masih dari penjelasannya, Kampung Tangguh Semeru merupakan program yang dicanangkan Kapolda Jatim guna memutus mata rantai penyebarang Covid-19. Program yang melibatkan peran aktif masyarakat dan instansi terkait ini sudah dijalankan di sejumlah kabupaten di Jawa Timur.

Untuk meningkatkan sistem keamanan kampung, Polri juga mendirikan Pos Digital Astuti di lokasi Kampung Tangguh Semeru. Di Pos Digital ini, warga dapat berkonsultasi interaktif dengan petugas Command Cetnre Polres Tulungagung selama 24 jam. Kemudian juga disediakan panic button. “Kejadian kontinjensi yang tidak dapat ditangani oleh masyarakat, segera tekan tombol tersebut dan sampaikan kendala yang dihadapi. Polisi akan langsung datang ke lokasi dalam waktu kurang dari 5 menit,” urainya melanjutkan.

Sementara Kapolres Tulungagung, AKBP Eva Guna Pandia, memaparkan mekanisme dan langkah-langkah strategis pencegahan penyebaran Covid-19 di Kampung Tangguh Semeru. Menurutny, setiap warga yang masuk ke kawasan Kampung Tangguh wajib menaati protokol kesehatan. (HumasPolri)
loading...
Bagi ke WA Bagi ke G+

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email: redaksi@lelemuku.com atau whatsapp : +6281343199624 / +6285254922161. Kiriman Berita/video/foto wajib disertai dengan biodata lengkap pengirim dan akan melalui proses moderasi.

Loading...
loading...