-->

9 dari 12 Desa di Taliabu Barat Terima Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa

9 dari 12 Desa di Taliabu Barat Terima Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana DesaBOBONG, LELEMUKU.COM- Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa sudah mulai dirasakan sebagian warga di Kecamatan Taliabu Barat, Pulau Taliabu, Maluku Utara. Dari 12 desa di kecamatan tersebut sudah 9 desa yang direalisasikan BLT-nya. Desa Woyo menjadi desa dengan jumlah tertinggi penerima BLT saat ini.

Camat Taliabu Barat Dince Muhdin mengungkapkan, 9 desa yang telah menerima BLT tersebut adalah Desa Kramat, Desa Meranti Jaya, Desa Lohok Buba, Desa Limbo, Desa Bobong, Desa Wayo, Desa Pancoran, Desa Kawalo, dan Desa Woyo. Realisasi BLT terbesar ada di Woyo yakni sebesar Rp 64.200.000.

“Atau sebanyak 107 Kepala Keluarga yang terima. Sementara Desa Kawalo peringkat kedua dengan jumlah realisasi BLT untuk 105 KK,” ungkap Dince, Rabu (13/5).

Adapun tiga desa yang belum disalurkan BLT-nya adalah Desa Talo, Kilong dan Rattahaya. Meski begitu, kata Dince, Desa Talo dan Kilong sudah mengagendakan pembagian BLT mulai Kamis (14/5) besok.“Saya belum tahu alas an Desa Ratahaya belum disalurkan BLT-nya,” ucap Dince.

Kepala Desa Ratahaya, Jefanya Khumagap yang dikonfirmasi mengaku penyaluran BLT masih menunggu pencairan DD tahap II. Pasalnya, DD tahap I telah terpakai untuk program prioritas sesuai hasil musyawarah desa sebelumnya."Kami di Ratahaya terpaksa menunggu DD tahap II cair dulu baru bisa salurkan BLT. Karena setelah penggunaan DD tahap I untuk program prioritas baru ada instruksi pengalihan DD untuk BLT. Jadi realisasi BLT nanti sekalian untuk bulan April dan Mei,” terang Jefanya.

Meski demikian, sambung Jefanya, pihaknya telah menggelar musdes terkait jumlah penerima BLT di Desa Ratahaya. Hasilnya, diusulkan penerima BLT di desa itu sebanyak 50 KK. “Tapi angka itu masih dapat bertambah menjadi 60-an karena saat ini masih sinkronisasi data ke Dinas Sosial dan DPMD,” paparnya.

Informasi yang dihimpun tandaseru.com, jumlah penerima BLT rata-rata per desa di Taliabu Barat berada di bawah angka 90 penerima. Hanya dua desa yang memiliki jumlah penerima BLT di atas 100, yakni Desa Woyo sebesar 107 penerima dan Desa Kawalo 105 penerima. (HumasTaliabu)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel