-->

Bawaslu Apresiasi Pelaksanaan Pilgub Maluku Utara 2018

Bawaslu Apresiasi Pelaksanaan Pilgub Maluku Utara 2018TERNATE, LELEMUKU.COM - Pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Maluku Utara (Malut) tahun 2018 yang dinilai terbaik dari berbagai kalangan, menjadi cacatan penting bagi kalangan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Malut dan jajarannya.

Hal ini ditandai dengan turunnya trend pelanggaran yang terjadi selama pelaksanaan tahapan Pilgub, termasuk pada hari pungut hitung. Kasus politik uang juga mengalami penurunan. Hal ini selain karena kesadaran masyarakat, juga karena upaya pencegahan dilakukan Bawaslu, Panwaslu dan jajaran di seluruh kabupaten dan kota hingga TPS.

Ketua Bawaslu Provinsi Malut, Muksin Amrin SH MH mengatakan, suksesnya Pilgub Malut harus menjadi cacatan khusus jajaran pengawas dalam menghadapi Pemilu Legislatif dan Presiden 2019.

Sebab tantangan yang akan dihadapi Pengawas nanti sangat kompleks. Jumlah peserta pemilu yang cukup banyak, termasuk mempertahankan pelaksanaan Pemilu yang aman dan bermartabat.

“Memang ada terjadi kasus. Hanya saja trendnya menurun dibandingkan Pilkada sebelumnya,” ungkap Muksin Amrin dalam sambutannya saat membuka kegiatan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Konsolidasi Data Hasil Pengawasan Pilgub Malut 2018 yang dilangsungkan di Ballroom Muara Hotel, Jumat (6/7).

Kendati demikian, lanjut Muksin, masih saja terdapat beberapa kasus termasuk pencoblosan menggunakan hak pilih orang lain dan kasus lainnya. Bawaslu berharap agar pada Pemilu tidak ada lagi pelanggaran yang siknifikan.

“Selaku ketua dan jajaran Bawaslu, memberikan apresiasi terhadap Panwaslu kabupaten dan kota beserta jajaran Panwascam, PPL dan Pengawas TPS yang telah menjalankan tugas dengan baik,” pungkasnya. (HumasBawasluMalut)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel