Puskesmas Saumlaki Telah Akreditasi Madya - #Lelemuku | Lelemuku.com - Kebanggaan Anak Negeri | Portal Berita yang Informatif dan Objektif

Puskesmas Saumlaki Telah Akreditasi Madya

Puskesmas Saumlaki Telah Akreditasi Madya
SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Puskesmas Saumlaki, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku sudah mencapai lebih dari akreditasi dasar yaitu akreditasi madya.

Menurut Kepala Puskesmas Saumlaki, Kecamatan Tanimbar Selatan (Tansel), dr. Laura pihaknya sepanjang tahun 2017 lalu berusaha agar puskesmas tersebut mendapatkan pengakuan dari Lembaga Akreditasi Nasional dimana puskesmas sudah memenuhi standar pelayanan puskesmas.

”Jadi memang kami sepanjang tahun kemarin berusaha agar puskesmas bisa mendapatkan status akreditasi,” ujar dia kepada Lelemuku.com di ruang kerjanya, pada Sabtu (23/6).

Tim survey akreditasi sendiri berasal dari Departemen Kesehatan dimana akan melakukan penilaian khusus, berupa kelengkapan dokumen, menejemen puskesmas, upaya kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perorangan.

“Mereka akan melihat poin-poin apa saja yang perluh untuk penilaian mulai dari kelengkapan dokumen hingga upaya kesehatan perorangan yang ada di puskesmas itu sendiri,”  kata dr Laura.

Ia mengakui di Kepulauan Tanimbar pihaknya bersama dengan Puskesmas Lolurun, Kecamatan Wertamrian dan Puskesmas Alusi Kelaan, Kecamatan Karmomolin yang sudah mendapatkan akreditasi madya serta Puskesmas Larat mendapatkan akreditasi dasar.

“Ada empat puskesmas yang sudah diakreditasi, sisa delapan puskesmas lagi. Nanti ada yang akan disurvey dalam tahun ini juga, bulan November di tahun ini,” aku Kepala Puskesmas. 

Menurut Peraturan Menteri Kesehatan (Penmenkes) Nomor 46 Tahun 2015 Akreditasi adalah pengakuan yang diberikan oleh lembaga independen penyelenggaraan akreditasi yang ditetapkan oleh Menteri setelah memenuhi standar Akreditasi. Kategori akreditasi adalah tipe dasar, madya, utama dan penilaian yang tertinggi adalah paripurna. (Eva Bembuain)

loading...
Bagi ke WA Bagi ke G+

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email: redaksi@lelemuku.com atau whatsapp : +6281343199624 / +6285254922161. Kiriman Berita/video/foto wajib disertai dengan biodata lengkap pengirim dan akan melalui proses moderasi.

Loading...
loading...