-->

Sesparlu Kunjungi Papua, Noak Kapisa Terima Kedatangan June Kuncoro Hadiningrat

JAYAPURA, LELEMUKU.COM - Pemerintah Provinsi Papua menerima kunjungan Direktur Diplomat Sekolah Staf dan Pimpinan Kementerian Luar Negeri  (Sesparlu) June Kuncoro Hadiningrat bersama rombongan, di Jayapura, Rabu, kemarin.

Tim Sesparlu diterima oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Papua Noak Kapisa di Kantor Gubernur Dok II Jayapura.

Dalam pertemuan itu, Asisten Noak Kapisa menjelaskan kondisi perbatasan Papua. Dimana antara Provinsi Papua dan Papua Nugini saat ini sedang dalam penjajakan kerja sama di bidang budaya dan ekonomi.

“Kita merasa perlu menyampaikan soal kondisi Papua di segala bidang kepada Sesparlu. Tentunya yang terutama soal perbatasan. Karena nanti para diplomat ini akan mewakili Papua di luar negeri sebagai. Sehingga diharapkan mereka bisa memberikan penjelasan yang sebenar-benarnya soal kondisi Papua di luar negeri,” terang Naoak.

Direktur Sesparlu June Kuncoro Hadiningrat selaku ketua tim rombongan mengaku bangga melihat wajah perbatasan Papua - Papua Nugini yang sudah dibangun dengan sangat baik. Sehingga hal tersebut membuat citra positif Papua terhadap negara tetangga.

“Memang seluruh wilayah perbatasan Indonesia menjadi perhatian dari pihak pemerintah. Tapi kebetulan kami hari ini ke wilayah timur karena ada kepentingan dan prioritas Kemenlu. Yakni merangkul teman-teman dari negara sahabat di Pasifik”.

“Sebab Sesparlu ini kan pendidikan berjenjang diplomat tertinggi yang pada prinsipnya sebagai pelaku diplomasi perlu mengetahui perkembangan terakhir di Papua. Paling tidak tahu secara umum. Sehingga para diplomat bisa menjalanankan tugas-tugas bilateral di PBB dan organisasi internasional lainnya. Yang pasti ini kesempatan baik sekaligus memberikan diplomat kesempatan untuk melihat langsung apa yang terjadi di Papua,” terangnya.

Dia tambahkan, salah satu tugas diplomat adalah menjaga kedaulatan NKRI dan sudah menjadi hal yang sewajarnya mengetahui situasi sebenarnya di perbatasan. Sebab hal itu sejalan dengan prinsip-prinsip tugas Sesparlu, bahwa jika ingin mengetahui atau mendiskusikan sesuatu hal, harus mengerti kondisi lapangan.

“Sebab ini merupakan dari program yang bisa memperkuat kapasitas kami sebagai diplomat senior," ujarnya. (DiskominfoPapua)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel