-->

Pemprov Papua Butuh SDM Profesional Kelola Kearsipan Daerah

Pemprov Papua Butuh SDM Profesional Kelola Kearsipan DaerahJAYAPURA, LELEMUKU.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua menyadari tugas penyelenggaraan kearsipan merupakan hal yang berat sehingga dibutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang profesional dan berkompeten di bidang tugas tersebut.

Hal demikian disampaikan Staf Ahli Gubernur Papua Bidang Politik dan Kesatuan Bangsa (Kesbang) Simeon Itlay pada pembukaan rapat koordinasi monitoring tindaklanjut hasil pengawasan kearsipan tahun 2017 terhadap lembaga kearsipan daerah kabupaten/kota se- Provinsi Papua, Kamis (5/7).

Kendati demikian, di dalam penyelenggaraan kearsipan juga dibutuhkan dukungan kebijakan dalam menyiapkan program kegiatan yang berkesinambungan. Lebih khusus untuk hal yang berkaitan langsung dengan tujuan keselamatan dan keamanan arsip sebagai identitas maupun jati diri bangsa.

Sementara Pemerintah Provinsi Papua telah menyusun rancangan Peraturan Gubernur Papua tentang pedoman pengawasan kearsipan daerah. Hal ini sebagai komitmen semua pihak terkait dalam mendorong semua pencipta arsip di lingkungan provinsi maupun lembaga kearsipan daerah kabupaten/kota.

“Makanya tahun ini pemerintah provinsi melalui dinas perpustakaan dan arsip daerah provinsi papua telah membentuk tim monitoring tindaklanjut hasil pengawasan kearsipan tahun 2017.”

“Diharapkan dengan adanya pembentukan tim ini dapat memotret secara langsung kondisi faktual penyelenggaraan kearsipan di lingkungan masing-masing lembaga kearsipab daerah kabupaten/kota se- Papua,” terang dia.

Simeon pada kesempatan itu menambahkan pelaksanaan monitoring tindaklanjut hasil penagawasan kearsiapan tahun 2017 terhadap lembaga kearsipan daerah tersebut sangat positif guna mengajak pihak terkait dapat berperan aktif pada sektor tersebut.

Oleh karenanya, melalui kegiatan ini diharapkan ada pemberdayaan pengawasan kearsipan yang berkualitas. Sehingga ada upaya untuk bangkit dalam mewujudkan penyelamatan dan pengamanan seluruh arsip yang ada untuk selanjutnya menjadi sebuah aset. (DiskominfoPapua)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel