-->

Harga Kopra di Tanimbar Jatuh Hingga Rp3500

Harga Kopra di Tanimbar Jatuh Hingga Rp3500
SAUMLAKI, LELEMUKU.COM - Harga kopra di Tanimbar, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku jatuh hingga mencapa Rp3500 per kilogram (kg).

"Sejak bulan April hingga sekarang ini harga kopra turun sampai Rp3500," keluh salah satu petani penjual Kopra, Agus kepada Lelemuku.com di Saumlaki, Kecamatan Tanimbar Selatan, MTB pada Senin (9/7).  

Ia menyatakan harga ini sangat merugikan petani yang selama ini bergantung dari hasil penjualan kopra. Dikatakan harga kopra perkilonya yang membutuhkan sedikitnya 6 buah kelapa sempat jatuh dari harga sebelumnya.

"Bulan Mei lalu pernah harga sampa Rp3000 per kilo, dan itu sudah rugikan kami sebagai petani. Sebab kami tidak dapat uang untuk penuhi kebutuhan. Kalau memang tetap seperti ini kami bisa berhenti jualan kopra," aku dia.

Agus mengatakan harga ini sudah jatuh terlampau rendah dari harga tahun sebelumnya yang mencapai Rp6000. Sehingga mereka lebih memilih untuk mencari potensi usaha lain dari komoditas kelapa ini.

"Masyarakat bersungut dan kami tidak ada semangat lagi jual kopra, jadi banyak yang memilih beralih menjual buah kelapa muda dan kelapa tua untuk diparut karena lebih menguntungkan. Malah ada yang mulai usaha minyak kelapa," ucap dia.

Ia merincikan dalam 1 bulan, ada 4 kali penjualan ke pengumpul kopra yang dalam 1 kali transaksi ia menjual kopra hingga 50 karung 50kg. Sehingga dari yang  (Albert Batlayeri)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel