-->

640 Personel Gabungan TNI-Polri Siaga Amankan Pleno Penetapan Rekapitulasi Pilkada Mimika dan Pilgub Papua

640 Personel Gabungan TNI-Polri Siaga Amankan Pleno Penetapan Rekapitulasi Pilkada Mimika dan Pilgub PapuaTIMIKA, LELEMUKU.COM - Sebanyak 640 personel gabungan TNI-Polri disiagakan untuk mengamankan pleno penetapan rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara pemilihan bupati dan wakil bupati serta pemilihan gubernur dan wakil gubernur Papua yang digelar KPUD Mimika di Gedung Eme Neme Yauware, Jalan Budi Utomo, Timika, Provinsi Papua, Minggu (8/7). Sore

Kapolres Mimika Akbp Agung Marlianto,SH.MH menyebutkan, 640 personel terdiri dari 400 personel Polres dan Brimob, serta 240 personel TNI. Untuk personel Brimob ini terdiri dari Batlayon B Polda Papua dan dibantu Brimob Batlayon Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Dijelaskan Agung, pola pengamanan dibagi dalam tiga ring. Ring pertama berada di dalam gedung, dimana akan ditempatkan personel Polres dan satu pleton Brimob DIY.  Untuk di ring dua berada di halaman gedung, dimana terdapat personel dari Brimob Batalyon B Polda Papua dan personel TNI.  Sedangkan untuk ring tiga berada di luar area gedung. Personel Brimob Batalyon B Polda Papua dan Brimob Batalyon DIY serta personel TNI mereka ditempatkan di Lapangan Timika Indah.

Sejumlah kendaraan taktis juga disiagakan selama pleno berlangsung, seperti panser dan baracudda. Pola pengamanan pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara, tidak jauh beda atau sama pada saat debat kandidat pasangan calon lalu, Kapolres  berharap, pleno rekapitulasi hasil perhitungan suara tingkat kabupaten ini dapat berjalan dengan tertib dan aman. Untuk itu, ia meminta seluruh PPD dapat melaporkan hasil perhitungan ke KPUD tanpa ada rekayasa.

Kami berharap pelaksanaan pleno berlangsung tertib dan lancar, tanpa banyak sanggahan, KPUD Mimika merencanakan akan menggelar pleno rekapitulasi perhitungan suara pada Minggu (8/7/2018) pukul 15.00 WIT, namun hingga pukul 17.30 WIT pleno belum juga dilakukan.

Pilkada Mimika sendiri diikuti tujuh pasangan calon bupati dan wakil bupati, diantaranya pasangan nomor urut satu Petrus Yanwarin-Alpius Edowai, nomor urut dua Albert Bolang-Robertus Waropea. Nomor urut tiga Mus Pigai-Athanasius Allo Rafra, nomor urut empat Hans Magal-Abdul Muis, nomor urut lima Maria Florida Kotorok-Yustus Way, nomor urut enam Eltinus Omaleng-Johannes Rettob, dan nomor urut tujuh pasangan Philipus Wakerwa-Haji Waker.  Dari tujuh pasangan calon tersebut, satu diantaranya maju dari jalur partai politik yaitu, Eltinus Omaleng-Johannes Rettob. Eltinus Omaleng adalah calon bupati petahana. Sedangkan, enam pasangan lainnya maju melalui jalur perseorangan.

Sedangkan untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur Papua diikuti dua pasangan calon yaitu, pasangan petahana nomor urut satu Lukas Enembe-Klemen Tinal, dan nomor urut dua pasangan Jhon Wempi Wetipo-Habel Melkias Suwae. Sementara untuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada Mimika 2018 sebanyak 233.125 jiwa terdiri dari laki-laki 129.882 jiwa dan perempuan 103.243 jiwa. Dengan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebanyak 650 yang tersebar di 152 kampung/kelurahan dari 18 distrik/kecamatan di Kabupaten Mimika.” Ujar Kapolres. (HumasPoldaPapua)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel