-->

Tambang Batu Bara di China Meledak, Tewaskan 11 Orang


BEIJING, LELEMUKU.COM - Pihak berwenang Cina mengatakan sedikitnya 11 orang tewas di pinggiran kota bersejarah Yanan di provinsi pegunungan Shaanxi. Ledakan itu terjadi pada pukul 20:26 pada hari Senin di tambang batu bara Xintai dekat Yanan, menurut stasiun penyiaran negara CCTV yang mengutip biro manajemen darurat kota.

Sekitar 90 orang berada di tambang pada saat ledakan terjadi. Sebanyak sembilan orang di antaranya terjebak di dalam. Tak ditemukan tanda-tanda vital pada 9 orang tersebut menurut CCTV.

Dua orang lainnya yang berhasil muncul ke permukaan terluka parah dan meninggal setelah upaya resusitasi gagal. Departemen Manajemen Darurat provinsi mengkonfirmasi ledakan tersebut di media sosial.

Outlet berita Hong Kong China Daily melaporkan bahwa upaya penyelamatan sedang dilakukan saat manajemen darurat lokal, penyelamatan kebakaran, penyelamatan pertambangan, dan otoritas keamanan publik bergegas ke tempat kejadian.

Cina masih bergantung pada batu bara untuk mensuplai kebutuhan energinya. Cina juga produsen dan konsumen bahan bakar terbesar di dunia.

Kecelakaan tersebut adalah yang paling mematikan sejak runtuhnya sebuah tambang terbuka di wilayah utara Mongolia Dalam pada bulan Februari yang menewaskan lebih dari 50 orang. Para pejabat, termasuk Presiden Tiongkok Xi Jinping, telah menyerukan agar keselamatan ditingkatkan. Namun seruan ini hanya berdampak terbatas pada operasi penambangan yang sering kali mengambil jalan pintas sementara pejabat setempat menutup mata.

Cina telah mengalami serangkaian kecelakaan industri dan konstruksi yang mematikan dalam beberapa bulan terakhir. Seringkali kecelakaan terjadi sebagai akibat dari pelatihan dan peraturan keselamatan yang buruk, korupsi pejabat, dan  perusahaan yang mencari keuntungan.

Meskipun ada beberapa insiden penting, jumlah keseluruhan kecelakaan industri turun hanya 27 persen pada 2022. Sebagian besar perekonomian Cina ditutup berdasarkan kebijakan “zero COVID.” (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel