-->

Oyun-Erdene Luvsannamsrai Kunjungi AS untuk Perdalam Kemitraan terkait Mineral Langka


WASHINGTON, LELEMUKU.COM - Perdana Menteri Mongolia dan menteri luar negerinya, Battsetseg Batmunkh, tiba di Washington, DC hari Selasa (1/8) untuk memulai pertemuan dengan Wakil Presiden AS Kamala Harris, Menteri Luar Negeri Antony Blinken dan pejabat senior AS lainnya pekan ini.

“Wakil Presiden Kamala Harris akan menyambut Perdana Menteri Oyun-Erdene di Gedung Putih pada tanggal 2 Agustus. Kunjungan itu akan menyoroti kekuatan kemitraan strategis antara AS-Mongolia dan upaya berkelanjutan untuk mempererat hubungan politik, ekonomi, dan ikatan budaya,” kata juru bicara wapres, Kirsten Allen, dalam pesan yang diposting ke platform media sosial X, yang semula dikenal sebagai Twitter.

Ini adalah kunjungan resmi pertama perdana menteri Mongolia ke Amerika sejak 2018. Kunjungan itu dilakukan ketika kedua negara memperluas kerja sama dalam bidang keamanan regional dan kekayaan mineral langka Mongolia yang sangat penting untuk pembuatan barang berteknologi tinggi dan produk energi terbarukan, seperti kendaraan listrik bertenaga baterai.

Pada bulan Juni, AS dan Mongolia menandatangani Nota Kesepahaman (MOU) untuk memperkuat rantai pasokan mineral penting di Indo-Pasifik.

Mongolia adalah pemasok mineral teratas di dunia dengan 80 kandungan beragam, termasuk tembaga, fluorit, emas, besi, dan seng. Kekayaan kandungan mineral langka di negara itu mencapai sekitar 16 persen dari jumlah total dunia. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel