-->

DPRP Calonkan Ridwan Rumasukun, Juliana Waromi dan Anthonius Ayorbaba Sebagai Kandidat Pj Gubernur

DPRP Calonkan Ridwan Rumasukun, Juliana Waromi dan Anthonius Ayorbaba Sebagai Kandidat Pj Gubernur

JAKARTA, LELEMUKU.COM - Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPR Papua)  secara resmi menyerahkan tiga nama calon Penjabat (Pj) Gubernur Papua kepada Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Mendagri) melalui Dirjen Otonomi Daerah  Kemendagri Dr. Akmal Malik, di ruang rapat Dirjen Otda Kemendagri, Jakarta, Kamis, (10/08/2023).

Adapun ketiga nama Calon Pj. Gubernur Papua yang diusulkan ke Menteri Dalam Negeri RI adalah Dr. M Ridwan Rumasukun (saat ini menjabat sebagai Sekda Papua dan Plh.Gubernur Papua), Dr. Juliana J Waromi,SE.,M.Si ( saat ini menjabat sebagai Sekretaris DPR Papua) dan Anthonius M.Ayorbaba (saat ini menjabat sebagai Kakanwil Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Papua)

Penyerahan ketiga nama calon Pj.Gubernur Papua kepada Menteri Dalam Negeri RI ini dipimpin oleh Ketua DPRP Jhony Banua Rouw, SE, didampingi Wakil Ketua I DPR Dr. Yunus Wonda, SH., MH dan Wakil Ketua III DPRP Yulianus Rumbairussy, SSos., MM bersama Pimpinan Fraksi dan Kelompok Khusus (Poksus) DPR Papua. 

“Saya didampingi dua wakil ketua bersama ketua-ketua fraksi dan kelompok menyerahkan langsung ketiga nama calon Pj Gubernur Papua itu kepada bapak Dirjen Otda Kemendgari, Akmal Malik pada Kamis, 10 Agustus 2023 sore, pukul 17.00 WIT,” kata Jhony Banua Rouw lewat telepon selulernya.

Dikatakan Banua Rouw bahwa dalam lam pertemuan tersebut pihaknya bahwa untuk penunjukkan Pj.Gubernur Papua yang akan menggantikan Gubernur Papua Lukas Enembe, SIP, MH yang akan berakhir masa jabatannya pada September 2023 nanti, diharapkan sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2021 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus bagi Provinsi Papua, yang menjadi prioritas utama.

DPR Papua juga berharap  kata Banua Rouw, Pj Gubernur Papua yang akan ditunjuk oleh Presiden RI Ir Joko Widodo nanti, adalah orang yang benar-benar mengenal dan  tahu persis situasi dan kondisi Papua serta yang bertugas di Papua, sehingga bisa bekerja dengan baik untuk membangun Papua.

"Untuk itu, kita mengusulkan ketiga nama itu, adalah M.Ridwan Rumasuku, Juliana J Waromi dan  Anthoinus Ayorbaba," ungkapnya.

Diakui, dalam pengusulan ketiga nama calon Pj Gubernur Papua itu, tidak melalui voting, tapi berdasarkan dari musyawarah mufakat pimpinan bersama dengan ketua-ketua fraksi dan kelompok khusus DPR Papua, lantaran memiliki semangat yang sama untuk kepentingan Papua ke depan.

"Jadi, dalam pengusulan ketiga nama calon tidak ada kepentingan kelompok atau kepentingan politik tertentu,” tutupnya.

Sementara itu, Dirjen Otda Kemendagri, Akmal Malik dalam pertemuan itu menyampaikan komitmen Presiden untuk memberikan ruang seluas-luasnya bagi saudara-saudara di Papua untuk menjadi pelaku utama dalam penyelenggaraan pemerintahan di Papua.

“Dari Pj Gubernur (DOB) kemarin, bapak-bapak sudah melihat sendiri. Komitmen bapak Presiden dan bapak Mendagri sangat kuat sekali. Bahkan, diantara suadara-saudara kita di Papua yang mungkin tidak memenuhi persyaratan saat itu, oleh bapak Menteri karena beliau sangat perhatian dan atensi terhadap Papua, mencari posisi eselon I dengan cepat sekali,” katanya.

Sekadar diketahui, Lukas Enembe bersama Alm Klemen Tinal dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Papua periode 2018 – 2023 pada 5 September 2018. (Humas DPRP)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel