-->

Partai Demokrat Hong Kong Bubar di Tengah Tekanan Keamanan China


HONG KONG, LELEMUKU.COM - Salah satu partai demokratis terbesar di Hong Kong, Sabtu, 27 Mei 2023, mengatakan akan bubar setelah pemungutan suara oleh anggota partainya, memberikan pukulan lain bagi oposisi demokratis kota yang sudah terkepung di bawah tekanan dari China.

Dalam beberapa tahun terakhir, oposisi Hong Kong telah terpukul oleh undang-undang keamanan nasional yang diberlakukan China dan perombakan sistem pemilu yang sebagian besar telah mengesampingkan para demokrat dari politik lokal.

Alan Leong, salah satu anggota pendiri Partai Sipil dan ketua saat ini, mengatakan kepada wartawan bahwa 30 dari 31 anggota memilih untuk membubarkan partai, dengan hanya satu yang abstain.

"Dunia terus berubah. Sejarah akan membuktikannya. Hari ini, Partai Sipil mengucapkan selamat tinggal kepada Hong Kong. Kami berharap orang-orang Hong Kong akan hidup di saat ini dengan penuh harapan dan tidak terlalu berat hati. Hidup dalam kebenaran dan percaya pada hari esok," Leong, seorang pengacara senior, menulis dalam sebuah pernyataan.

Partai Sipil, yang didirikan pada 2006, telah menjadi kekuatan demokrasi utama di pusat keuangan yang kembali dari pemerintahan Inggris ke Tiongkok pada tahun 1997, bersama dengan Partai Demokrat, tampil kuat dalam pemilihan legislatif dan distrik lokal.

Partai tersebut dikenal mewakili para profesional di Hong Kong termasuk pengacara, akuntan, dan cendekiawan, dan dianggap sebagai suara demokrasi yang lebih moderat yang menarik banyak pemilih kelas menengah di kota itu.

Pemberlakuan undang-undang keamanan nasional China di Hong Kong pada 2020 membuat sejumlah anggotanya ditangkap termasuk mantan anggota parlemen Alvin Yeung dan Jeremy Tam.

Yeung dan Tam telah ditahan selama lebih dari dua tahun dan jaminan ditolak dalam kasus keamanan nasional yang sedang berlangsung, sementara anggota senior lainnya, Margaret Ng, dihukum karena pertemuan yang melanggar hukum.

Yang lain telah melarikan diri ke pengasingan.

Perubahan Sistem Pemilu

Menyusul undang-undang keamanan nasional, China pada 2021 mengubah sistem pemilu Hong Kong, semakin mengurangi representasi demokratis sambil memperkenalkan mekanisme untuk memeriksa loyalitas politisi ke Beijing.

Langkah-langkah itu adalah bagian dari apa yang dikatakan para kritikus seperti Amerika Serikat sebagai upaya Beijing untuk mengkonsolidasikan cengkeramannya yang semakin otoriter atas pusat keuangan global, dan untuk lebih jauh mengikis demokrasi dan kebebasan kota yang dijamin setidaknya selama 50 tahun ketika kembali ke aturan Cina.

"Kami memusatkan perhatian pada tolok ukur demokrasi," tambah Leong dalam pernyataan Partai Sipil. “Sementara demokrasi belum tercapai, kami berharap konsep akuntabilitas dan pemerintahan terbuka sudah cukup dikenalkan kepada masyarakat.”

Otoritas Hong Kong dan China menggambarkan perubahan pemilu sebagai langkah demokrasi progresif untuk memastikan hanya "patriot" pro-China yang memerintah Hong Kong. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel