-->

Korea Utara Tembakkan Rudal Balistik Jelang KTT Korea Selatan - Jepang


PYONGYANG, LELEMUKU.COM = Korea Utara menembakkan rudal balistik antarbenua (ICBM) ke perairan timurnya, beberapa jam sebelum Presiden Korea Selatan Yoon Seok Yeol dijadwalkan terbang ke Jepang untuk pertemuan puncak kedua negara.

KTT Korea Selatan - Jepang ini adalah yang pertama dalam beberapa tahun, dengan situasi di Korea Utara yang bersenjata nuklir menjadi perhatian utama.

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan mengatakan pada Kamis, 16 Maret 2023, bahwa Pyongyang telah meluncurkan Intercontinental Ballistic Missile (ICBM). Penggunaan perangkat itu telah dilarang.

Senjata itu terbang menuju perairan timur Semenanjung Korea setelah diluncurkan dari ibu kota Korea Utara, Pyongyang, sekitar pukul 7.10 pagi, kata militer dalam sebuah pernyataan. ICBM diluncurkan pada sudut yang curam dan terbang sekitar 1.000 kilometer sebelum mendarat di perairan antara Semenanjung Korea dan Jepang, tambahnya.

Jepang juga mendeteksi rudal tersebut. Penjaga pantainya mengeluarkan peringatan kepada kapal-kapal untuk waspada terhadap benda-benda yang jatuh.

Menteri Pertahanan Yasukazu Hamada mengatakan rudal itu mungkin mendarat di perairan di luar zona ekonomi eksklusif Jepang setelah sekitar satu jam di udara. Lokasi pendaratan sekitar 250 kilometer dari pulau barat Oshimaoshima, yang dekat dengan tempat ICBM Korea Utara lainnya jatuh setelah penerbangan uji coba.

Peluncuran itu adalah yang pertama dari ICBM Korea Utara dalam sebulan. Akan tetapi, tembakan itu mengikuti serangkaian acara peluncuran rudal minggu ini, di tengah latihan militer skala besar yang sedang berlangsung antara Korea Selatan dan Amerika Serikat.

Pyongyang menganggap sekutu itu adalah musuh dan latihan bertujuan untuk invasi.

Peluncuran terbaru juga dilakukan beberapa jam sebelum Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol dan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida dijadwalkan bertemu di Tokyo untuk pertemuan puncak bilateral pertama dalam 12 tahun.

Baik Korea Selatan dan Jepang meningkatkan pengeluaran pertahanan dan latihan militer bersama. Menurut Yoon latihan itu sangat penting untuk stabilitas regional dan global.

Sebelum menuju ke Tokyo, Yoon mengadakan pertemuan keamanan darurat pada peluncuran tersebut. Dia menginstruksikan militer Korea Selatan untuk melanjutkan latihan yang sedang berlangsung dengan pasukan AS.

AS dan Korea Selatan melakukan beberapa latihan bersama yang direncanakan secara intensif dan memperkuat kerja sama keamanan Seoul-Washington-Tokyo. “Provokasi sembrono Korea Utara akan membayar harga yang jelas,” kata presiden.

Sementara, Kishida di Tokyo mengatakan, pihaknya harus lebih memperkuat kerja sama di antara sekutu dan negara yang berpikiran sama. Dia menolak mengomentari kemungkinan niat peluncuran Korea Utara.

Sudah minggu ini, Pyongyang telah menembakkan rudal jelajah dari kapal selam dan mengirim rudal balistik jarak pendek melintasi wilayahnya dan menuju target laut timur. Itu dilakukan setelah pemimpin Kim Jong Un memerintahkan militernya untuk siap menghalau apa yang disebutnya sebagai “persiapan perang panik bergerak oleh musuh Korea Utara”.

AS dan Korea Selatan memulai apa yang disebut latihan Freedom Shield, yang meliputi latihan lapangan dan simulasi komputer, pada Senin. Mereka akan selesai pada 23 Maret.

Washington mengutuk keras uji coba rudal balistik terbaru Korea Utara. Juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih Adrienne Watson mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa tindakan seperti itu tidak perlu meningkatkan ketegangan di wilayah tersebut.

Korea Utara menembakkan rekor jumlah rudal tahun lalu, membenarkan pengembangan senjatanya diperlukan untuk pertahanan diri.(Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel