-->

Badai Gabrielle di Selandia Baru Tewaskan 7 Orang


WASHINGTON, LELEMUKU.COM - Upaya-upaya pemulihan berlanjut di wilayah-wilayah yang terdampak di Selandia Baru, Jumat, 17 Februari 2023, setelah badai Gabrielle menyebabkan kekacauan yang menyebabkan setidaknya tujuh orang meninggal dunia, membuat 10.000 orang meninggalkan rumah dalam badai yang paling merusak dalam beberapa dekade di negara tersebut.

Gabrielle, yang menghantam Selandia Baru, Minggu, 12 Februari 2023, sebelum mengarah ke pantai timur North Island, memutus seluruh kota, menyapu pertanian, jembatan dan ternak, serta membanjiri rumah-rumah, membuat orang terjebak di atas atap.

Korban tewas hingga saat ini berjumlah tujuh setelah relawan pemadam kebakaran kedua, Craig Stevens, meninggal dunia di rumah sakit, terperangkap dalam longsor dekat Auckland dan satu jasad ditemukan dekat Napier.
 Harga-390rb-REMP-1

Pihak berwenang memperingatkan bahwa negara itu perlu bersiap untuk jumlah kematian yang meningkat.

Komunikasi dan akses ke sejumlah area tetap sulit dan pesawat-pesawat pengawasan sedang dilakukan untuk mensurvei kerusakan dan mengidentifikasi mereka yang mungkin terisolasi. Konvoi truk yang membawa barang-barang penting seperti makanan, air, obat-obatan, dan bahan bakar sedang menuju ke daerah-daerah terpencil dan pasukan pertahanan menggunakan kapal untuk mengangkut barang-barang yang dibutuhkan ke daerah pantai timur.

Kiri Allan, menteri pengembangan regional yang juga tinggal di salah satu wilayah yang terdampak paling parah, mengatakan kepada 1News bahwa pasokan supermarket-supermarket kini sudah lebih baik, pasokan-pasokan telah mencapai komunitas-komunitas yang paling terisolasi dan jaringan telepon bahkan telah kembali ke daerah-daerah kecil.

“Tantangan infrastruktur yang sangat besar ada di hadapan kita. Begitu kita menyelesaikan tanggap darurat ini, kita akan melihat banyak kerugian dalam hal biaya dan apa yang perlu kami lakukan," katanya.

Di Hawke’s Bay, helikopter-helikopter dan perahu-perahu masih memeriksa orang-orang di komunitas-komunitas terisolasi sementara operasi pencarian dan penyelamatan terus berlanjut.

Cuaca mulai membaik. Layanan meteorologi MetService mengatakan mereka tidak lagi menerima peringatan cuaca apa pun yang terjadi di Selandia Baru dan matahari diperkirakan muncul di sebagian besar wilayah North Island. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel