-->

Paspampres Gelar Acara HUT ke-77 dengan Atraksi Bela Diri dan Simulasi Pengamanan VVIP


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Pasukan Pengamanan Presiden atau Paspampres menggelar puncak acara hari jadi atau Hari Bhakti Paspampres ke-77 di Lapangan Hitam Mako Paspampres di Tanah Abang, Jakarta Pusat, Sabtu, 7 Januari 2023.

Acara ini merupakan puncak rangkaian acara terbentuknya Paspampres sejak 3 Januari 1946. Kegiatan ini dihadiri oleh keluarga besar anggota Paspampres beserta kerabat.

Terlihat sejumlah kendaraan taktis Paspampres ditampilkan di depan gedung Lapangan Tembak Setia Waspada. Barisan detasemen masuk dari sisi timur lapanhan disusul detasemen musik dari barat. Pasukan Pataka Paspampres kemudian masuk lapangan dari sisi barat.

“Saat ini, 77 tahun pengabdian Paspampres yang penuh dinamika dan warna seiring perjalanan sejarah anak bangsa. Namun perlu saya ingatkan kepada anggota bahwa semua prestasi tidak lepas dari kerja keras dan pembinaan tiada henti. Kita jangan tinggi hati dan sebaiknya introspreksi diri,” kata Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres) Marsekal Muda TNI Wahyu Hidayat Soedjatmiko saat menyampaikan amanat upacara, Sabtu, 7 Januari 2023.

Dalam memperingati Hari Bhakti Paspampres, Wahyu mengatakan sebelumnya mereka  telah menggelar kegiatan seperti ziarah ke Taman Makam Pahlawan Kalibata hingga memberikan bantuan sosial kepada masyarakat, antara lain bantuan sembako, renovasi tempat ibadah, dan layanan kesehatan.

“Kegiatan ini dilanjutkan dengan fun run, kompetisi menembak, dan lain sebagainya,” ujar Wahyu.

Dalam kegiatan hari ini Paspampres menampilkan aksi bela diri karate, taekwondo, silat, dan aikido. Kemudian ada penampilan simulasi pengamanan VVIP oleh Paspampres.

Penetapan Hari Bhakti Paspampres pada 3 Januari 1946 berdasarkan keputusan Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/479/VIl/2002 tanggal 23 Juli 2002. Paspampres dibagi menjadi empat grup, yakni Grup A yang bertugas melaksanakan pengamanan pribadi dan instalasi Presiden RI beserta keluarganya, Grup B untuk pengamanan pribadi dan instalasi Wakil Presiden dan keluarganya, Grup C untuk pengamanan tamu negara setingkat kepala negara, serta Grup D untuk pengamanan pribadi dan instalasi mantan Presiden dan keluarganya.(Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel