-->

BMKG Himbau Warga di Pesisir Utara Papua Waspada Banjir Rob akibat Bulan Baru

BMKG Himbau Warga di Pesisir Utara Papua Waspada Banjir Rob akibat Bulan Baru.lelemuku.com.jpg

JAYAPURA, LELEMUKU.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Dok II Jayapura, Heri Purnomo S.Si menyatakan bahwa pada tanggal 21 Januari 2023, akan terjadi fenomena Super New Moon atau fase Bulan Baru yang bersamaan dengan Perigee (Jarak terdekat bulan ke bumi).

Fenomena ini menurut pihaknya berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum dan berpotensi menimbulkan fenomena Banjir Pesisir atau Rob yang diprediksi akan terjadi dari tanggal 20 - 23 Januari 2023.

"Berdasarkan pantauan data water level, ketinggian gelombang, dan prediksi pasang surut, dapat mempengaruhi dinamika pesisir di wilayah Perairan utara Papua, termasuk potensi banjir pesisir," tulis dia dalam rilis pers yang diterima Lelemuku.com.

Ia melanjutkan, Masyarakat pesisir pantai di wilayah Perairan utara Supiori, Perairan utara Biak Numfor, Perairan Sarmi, Perairan Kota Jayapura, dan Perairan Kabupaten Jayapura, dianjurkan untuk waspada dan siaga mengantisipasi dampak dari pasang maksimum air laut.

Hal ini sendiri akan mempengaruhi aktivitas masyarakat sekitar pelabuhan dan pesisir, seperti aktivitas bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di pemukiman pesisir, aktivitas perikanan laut dan perikanan darat.

"Masyarakat dihimbau untuk selalu memperhatikan update informasi cuaca maritim dari BMKG dan mengambil tindakan yang perlu untuk mengantisipasi dampak banjir pesisir," imbau dia.

Hal ini juga termasuk menyiapkan perlengkapan dan bahan-bahan yang diperlukan untuk melindungi diri dan properti dari air pasang yang tinggi. Selain juga  selalu mengikuti arahan dan petunjuk dari pihak berwenang dan organisasi-organisasi yang bertanggung jawab untuk mengatasi situasi bencana. (Albert Batlayeri)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel