-->

TNI-Polri Berhasil Tangkap Luther Japugau, Anggota Separatis Pimpinan Undius Kogoya di Sugapa

TNI-Polri Berhasil Tangkap Luther Japugau, Anggota Separatis Pimpinan Undius Kogoya di Sugapa.lelemuku.com.jpg
JAYAPURA, LELEMUKU.COM - Pasukan gabungan TNI - Polri berhasil menangkapan Luther Japugau yang merupakan salah satu anggota dari kelompok separatis pimpinan Undius Kogoya yang diketahui sedang berkeliaran di kawasan perkotaan Sugapa, ibukota Kabupaten Intan Jaya, Papua Tengah

Kapendam XVII/Cenderawasih, Kolonel Kav Herman Taryaman menyatakan bahwa Luther ditangkap setelah dilakukan pengejaran di Kampung Yokatapa, Distrik Sugapa pada Jumat (4/11/2022) sore pukul 15.40 WIT.

"Saat akan ditangkap, LJ melarikan diri ke arah Lapangan Yokatapa. Kemudian diberikan tembakan peringatan ke arah atas sebanyak satu kali. Namun masih berupaya melarikan diri, sehingga dilaksanakan tembakan terbidik ke arah kaki sasaran sebanyak dua kali," ujar dia.

Setelah berhasil dilumpuhkan, Luther kemudian dievakuasi ke Puskesmas Sugapa guna dilakukan perawatan kesehatan.

Usai melumpuhkan Luther Japugau, pihaknya memperoleh informasi bahwa terdapat 1 orang anak perempuan bernama Elpina Dwitau (7) yang terkena rekoset dari tembakan yang dikeluarkan.

"Anak dari Paulus Dwitau itu dievakuasi ke Puskesmas Sugapa dengan luka tembakan di bagian pinggang kanan akibat rekolset amunisi. Kemudian dievakuasi ke Puskesmas Sugapa," ujar Kapendam.

Aparat keamanan gabungan TNI Polri sudah memberikan penjelasan kepada keluarga Elpina Dwitau, selanjutnya pihak keluarga meminta jaminan perawatan terhadap anak mereka.

"Hari ini Sabtu 5 November 2022, sekira pkl 07.32 WIT Sdri. Elpina Dwitau sudah dirujuk ke RS Nabire dengan didampingi oleh Ibu Hubertina Belau yang merupakan orang tua dari Emilina Dwitau dan Aparat Keamanan TNI-Polri yang ditunjuk untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut," papar dia.

Kolonel Kav Herman Taryaman menegaskan, situasi di Kabupaten Intan Jaya pasca penangkapan dan kejadian rioset ini dalam keadaan kondusif dan masyarakat beraktivitas normal. (Albert Batlayeri)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel