-->

Kota Ambon Raih 100 Medali di Pekan Olahraga Provinsi Maluku (Popmal)


AMBON, LELEMUKU.COM - Sejak pelaksanaannya dari hari pertama sampai dengan saat ini, Kota Ambon meraih sebanyak 100 medali di ajang bergengsi Pekan Olahraga Provinsi maluku (POPMAL).

Perlombaan dalam Pekan Olahraga Provinsi Maluku (POPMAL) IV tahun 2022 yang dimulai sejak 18 November lalu, telah memasuki hari ke enam pada Rabu (23/11) kemarin.

POPMAL ke IV tahun 2022, yang diselenggarakan di Kota Ambon itu, memperlombakan 17 Cabang Olahraga (Cabor), dan diikuti oleh 11 Kabupaten/kota di Provinsi Maluku.

17 Cabor yang dilombakan adalah, Voli, Basket, Atletik, Wushu, Catur, Taekwondo, Tinju, E-Sport, Karate, Balap Sepeda, Pencak Silat, Panahan, Futsal, Panjat Tebing, Tenis Meja, Kempo dan Renang.

Kontingen asal Kota Ambon, dibawah kepemimpinan Sekertaris Kota (Sekkot), Agus Ririmasse itu, dapat dikatakan sebagai peserta yang paling konsisten mendulang medali emas.

Humas KONI Maluku/PB POPMAL IV, Izaac Tulalessy, kepada Kabar Timur, Rabu (23/11) kemarin mengaku, dalam enam hari lomba, sudah ada 249 medali baik emas, perak maupun perunggu yang berhasil diperoleh para kontingan.

“Data per 23 November 2022 pukul 17.35 WIT, sudah ada 249 medali yang di raih 11 Kontingen, yang terdiri dari 71 Medali Emas, 71 Medali Perak, dan 107 Medali Perunggu,”kata Tulalessy.

Dari 249 medali tersebut, Kota Ambon sebagai juara bertahan merupakan kontingen yang paling banyak memiliki perolehan medali yakni 100 medali yang terdiri dari 35 emas, 34 Perak, 31 Perunggu.
Di posisi kedua ada Kabupaten Maluku Tengah dengan 30 medali (10 emas, 9 perak, 11 perungggu), peringkat tiga Kabupaten SBB : 27 medali (6 emas, 7 perak 11 perunggu ), empat Kabupaten Maluku Tenggara: 22 medali (6 emas, 6 perak, 10 perunggu).
Kabupaten Tanimbar di peringkat lima : 16 medali (5 emas, 2 perak, 9 perunggu), posisi enam SBT : 16 medali (4 emas, 1 perak, 10 perunggu) urutan tujuh di duduki Buru Selatan: 16 Medali (3 emas, 4 perak, 9 perunggu).

Sedangkan di posisi ke delapan di huni Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) : 13 medali (2 emas, 5 perak, 6 perunggu), peringkat sembilan Kabupaten Buru: 6 medali (2 perak, 4 perunggu), 10 Kabupaten Kepulauan Aru: 3 medali (1 perak, 2 perunggu) dan Kota Tual di urutan terakhir dengan 1 medali perunggu.

Tulalessy menambahkan, medali yang dihitung dalam dalam perolehan medali sementara, merupakan medali yang sudah diserahkan kepada atlet dalam upacara penghormatan pemenang.

“Jika nomor pertandingan/perlombaan sudah menyelesaikan babak final, namun belum digelar upacara penghormatan pemenang, maka medali tersebut belum PB POPMAL input dalam daftar perolehan medali sementara,”tandasnya

“Selain itu, input data perolehan medali juga berdasarkan laporan penyerahan dari Cabor yang diserahkan ke PB POPMAL. Terkadang ada cabor yang sudah gelar upacara penghormatan pemenang, namun terlambat melaporkannya sehingga terjadi keterlambatan input data,”tutupnya. (DiskominfoAmbon)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel