-->

Widya Murad Ismail Kukuhkan Cherly Gonga Sebagai Bunda Genre di Kabupaten Aru


DOBO, LELEMUKU.COM - Bunda Generasi Berencana (GenRe) Provinsi Maluku, Widya Pratiwi Murad mengukuhkan Bunda GenRe Kabupaten Kepulauan Aru, di Aula Gedung BPKAD Pemda Aru, Kota Dobo, Rabu (27/07/2022).

Pengukuhan, ditandai dengan penyematan selempang kepada Cherly Gonga sebagai Bunda GenRe Kabupaten Kepulauan Aru, yang dilanjutkan dengan penandatanganan Berita Acara Pengukuhan Bunda GenRe Kabupaten Kepulauan Aru.

Usai pengukuhan, Widya menyampaikan selamat bertugas kepada Cherly Gonga yang juga isteri Bupati Kepulauan Aru, Johan Gonga selaku Bunda GenRe Kabupaten Kepulauan Aru yang baru saja dikukuhkan.

Dirinya berharap, kehadiran Bunda GenRe Kabupaten Kepulauan Aru dapat mempresentasikan kehadiran dan dukungan orang tua dalam mendukung keberhasilan remaja.

“Bunda GenRe akan menjadi contoh, teladan dan panutan bagi orang tua untuk mengarahkan, membimbing dan mendukung para remaja di Maluku dalam meningkatkan kualitas hidup meraka,” pesan Widya.

Dikatakan, program GenRe, merupakan wadah untuk mengembangkan karakter bangsa, karena mengajarkan remaja untuk menjauhi pernikahan dini, seks pra nikah dan napza (narkotika, psikotropika dan zat aditif), guna menjadi remaja tangguh dan dapat berkontribusi dalam pembangunan serta berguna bagi nusa dan bangsa.

Melalui program GenRe, lanjutnya, remaja diajak untuk menyiapkan kehidupan berkeluarga melalui pemahaman tentang Pendewasaan Usia Pernikahan (PUP), sehingga mampu melangsungkan Pendidikan secara terencana, berkarir dalam pekerjaan secara terencana, serta menikah dengan penuh perencanaan sesuai siklus Kesehatan reproduksi. Oleh karena itu, jelas Widya, pemahaman stunting bisa dimulai sejak dini, sejak usia remaja atau calon pengantin, sehingga anak yang dilahirkan bisa terhindar dari bahaya stunting.

Selaku Ina Latu Maluku dan Duta Parenting, dirinya berharap, pengukuhan ini tidak dipandang sebagai sebuah acara seremonial belaka, namun sejatinya ada amanah dan tanggungjawab mulia yang harus diemban dalam rangka pendampingan dan pembinaan kepada remaja/generasi muda agar mereka dapat merencanakan masa depan yang berkualitas.

Bunda GenRe sebagai “mama” dari remaja remaja generasi muda di berbagai tingkatan wilayah, kata Widya, memiliki peran penting dalam pengasuhan dan pendampingan tumbuh kembang remaja, termasuk dalam mendukung upaya pendewasaan usia.

Peran tersebut, lanjutnya, sangat penting dalam upaya percepatan penurunan stunting.

“Oleh karena itu, dalam kegiatan ini, ijinkan kami menyampaikan penghormatan kepada Bunda GenRe Kabupaten Kepulauan Aru sebagai Duta Penurunan Stunting. Besar harapan kami melalui peran penting Bunda GenRe sebagai Duta Penurunan Stunting, target penurunan stunting menjadi 20 persen di Provinsi Maluku di tahun 2024 dapat tercapai, “ harap Widya.

Isteri Gubernur Maluku ini juga berharap, Bunda GenRe di Kab Aru dapat berperan bersama, bekerjasama, bersinergi bersama, dengan para generasi muda untuk menjadi pendamping dan motivator bagi sesama remaja agar menjadi generasi muda yang sehat dan berkualitas.
“Bunda GenRe juga harus dapat berkolaborasi dengan pemerintah, baik provinsi maupun kabupaten, terlebih dengan BKKBN dalam mendukung program pemerintah yang menyasar para remaja. Sebagai Bunda GenRe, kami akan mendukung upaya promosi dan sosialisasi program GenRe di seluruh wilayah Kab.Kep.Aru,”tandas Widya (indonesiatimur.co)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel