-->
Tabloid Lelemuku

Rahasia Membangun Kreatifitas dan Inovasi Ekonomi di Masa Pandemic

Rahasia Membangun Kreatif dan Inovasi Ekonomi di Masa Pandemic

Pandemic covid-19 adalah siatusia di mana para pelaku usaha di tuntuk untuk lebih mengembangkan kereativitas yang mereka miliki dalam membangun sebuah inovasi dalam bidang usaha untuk pembangkitan ekonomi .kreatifitas menjadi hal utama di masa pandemic-19 seperti sekarang ini,dalam membangun dan mengemabgnkan kreativitas dan inovasi ,di butuhkan peran aktif dari berbagai pihak dalam mendukung pembangunan dan pengembangan tersebut.

Alvin Toffler (1980) mengungkapkan dalam teorinya bahwa dapat tiga gelombang dalam peradapan ekonomi,yaitu pertanian ,ekonomi industry dan ekonomi informasi, ia juga kemudian memprediksi bahwa aka nada gelobang keempat yakni ekonomi kreatif.

Menurut kamus besar bahasa Indonesia,arti kata kreativitas adalah kemampuan untuk menciptakan,arti lain nya dari kreativitas adalah daya cipta ,kretivitas adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru,bukan berarti harus sama sekali baru,tetapi dapat juga sebagai kombinasi dari unsur-unsur yang telah ada sebelumnya.kreativitas dapat di kembangkan dan di tingkatkan sesuai kemampuan masing-masing individu.

Cara mengembangkan kreativitas
 

1. Mengamati sesuatu hal ,tujuannya untuk melatih dan memperkuat ingatan
2. Peka terhadap lingkungan sekitar , maksudnya yaitu selalu peka terhadap apa yang terjadi di sekitar dan menjadi orang yang pedul terhadap lingkungan dan slalu mengamati apa yang terjadi.
3. Bijak dalam memenej waktu,dan memanfaatkan waktu engan baik ,lita akan mendapatkan hasil yang optimal  
4. Mengambil sudut pandang dari orang lain,artinya menepatkan diri pada posisi orang lain untuk mengetahui reaksi seorang atas tindakan yang kita ambil .
5. Bergaul dengan orang-orang kreatif,pergaulan juga sangat berpengaruh untuk kita,karna memiliki orang-orang yang berpikir logis akan mendorong kita untuk slalu memiliki ide-ide yang baru .
6. Belajar menjadi seorang innovator yang baik ,kita harus slalu mencari,menyesuaikan dan meninplementasikan ide-ide , baik yang baru maupun yang lama.
7. Mengubah kebiasaan yang kurang bermanfaat,mengubah diri juga sangat penting ,menjadi manusia yang lebih produktif dan aktif dari pada bnyak bermalas-malasan yang tidak akan mendatang kan manfaat apapun.
Menurut kamus besar Bahasa Indonesia ( DEPDIKNAS,2008:333),inovasi diartikan pemasukan atau pengenalan hal-hal yang baru,penemuan baru yang berbeda dari yang sudah ada atau yang sudah di kenal sebelumnya baik menyangkut gagasan,ide,metode atau alat ,dengan demikian ,pengertian inovasi bisa diartikan dengan pembaharuan , walaupun pada prinsibnya inovasi memiliki makna yang berbeda.inovasi pada dasarnya perubahan yang menyangkut  dalam aspek tertentu dan sedikit lebih terbatas.

Cara menciptakan inovasi  

1. Mencari pengalaman baru ,mencoba hal-hal baru untuk menjadi kreatif inovatif ,kita harus melangkah dari zona nyaman dan melihat scenario pada sudut pandang yang berbeda .
2. Menetapkan tujuan yang jelas,sebuah tim memiliki tujuan besar dan lagi jelas.memiliki tanggung jawab dan perang masing-masing untuk mencapai tujuan.
3. Rasa penasaran yang tinggi , rasa penasaran yang tinggi atau rasa keingin tahuan akan memaju untuk mencari tahu dan memancing sebuah hal baru di dalam diri kita.
4. Berbagi ide,setiap ide lahir dari perspektif yang berbeda.memiliki jaringan yang luas dalam membagikan sebuah ide adalah hal yang membantu kita menjadi lebih inovatif.
5. Banyak belajar dan referensi ,seorang kreatif dan inovasi pun butuh bnyak belajar dan referensi yang di milikinya.banyak belajar dan memiliki banyak referensi akan menunjang daya kreatifitas kita.
6. Berani mengambil resiko dan tidak takut dengan kesalahan,satu hal yang memisahkan innovator dari kawananya,adalah bahwa mereka tidak takut untuk berbuat salah.Thomas A.Edison berhasil karena ia tidak menyerah meski gagal lagi dan lagi .ia berani melihat ke gagalan sebagai proses.

Manfaat   Membangun Kreativitas Dan Inovasi Ekonomi Di Masa Pandemic  

Inovasi menghasilkan variasi produk baru ,sedangkan kreativitas membuat varian baru ,yang muncul lebih unik ,tepat sasaran,dan bisa jadi sesuai keinginan konsumen .ekonomi yang kreatif merupakan proses ekonomi yang termasuk kegiatan produksi dan distribusi barang serta saja di dalamnya yang membutuhkan gagasan dan ide kreatif serta kemampuan intelektual dalam membangunnya. Manfaat dari membangun kreativitas dan inovasi ekonomi yaitu sebagai  berikut :  

1. Bertambah nya lapangan pekerjaan baru,ekonomi kreatif tidak hannya berpengaruh terhadap perkembangan inovasi dan kreativitas masyarakat saja,namun juga membuka lapangan pekerjaan baru.
2. Mengurangi angka penganggguran, semakin terbuka nya lapangan pekerjaan baru inovatif dan kreativitas akan perdampak pada angka pengangguran dan memiliki lapangan pekerjaan yang luas.
3. Pertumbuhan ekonomi akan semakin meningkat, manfaat dari ekonomi kreatif yang selanjutnya adalah meningkatkan pertumbuhan ekonomi sebuah Negara,dengan luas nya lapangan pekerjaan dan turun nya anggka pengangguran sangat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi di suatu Negara.
4. Sumber daya manusia semakin  kopeten,sdm akan semakin mengembangkan inovasi dan kreativitas nya ,itu tentu membuat sdm akan semakin baik dan berkualitan dan berdaya saing.

Nur Hidayah    
Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara, Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim (Suska) Riau

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel

powered by