-->

Pengaruh TIK Terhadap Pembangunan Ekonomi di Indonesia

Pengaruh TIK Terhadap Pembangunan Ekonomi di Indonesia

Pertumbuhan ekonomi suatu bangsa adalah indikator yang sangat penting untuk mengetahui sejauh mana pembangunan dalam bidang ekonomi berlangsung. Adanya pertumbuhan ekonomi menunjukkan sejauh mana kinerja pemerintah di berbagai sektor ekonomi dalam menghasilkan nilai tambah pendapatan masyarakat pada suatu periode tertentu. Pertumbuhan yang positif menandakan bahwa adanya peningkatan kinerja perekonomian, dan sebaliknya bila negatif berarti menunjukkan adanya penurunan kinerja perekonomian. Terdapat komponen penting yang dapat mempengaruhi pertumbuhan eknomi antara lain yaitu akumulasi berang modal, pertumbuhan penduduk, dan kemajuan terknogi.

Di era modern saat ini, teknologi semakin berperan penting dalam setiap sisi kahidupan manusia. Teknologi yang semakin canggih memungkinkan manusia untuk hidup berdampingan bahkan tidak mampu hidup tanpa adanya bantuan teknologi itu sendiri. Adanya teknologi tidak hanya mempermudah suatu pekerjaan, tetapi juga merubah sebuah kehidupan. Teknologi informasi dan komunikasi banyak digunakan diberbagai bidang kehidupan baik itu bidang sosial, budaya, ekonomi, Pendidikan, politik dan lain sebagainya.

Menurut UNESCO TIK ( Teknologi Informasi dan Komunikasi ) merupakan sebuah perangkat teknologi dan sumber daya yang beragam digunakan untuk mengirim, menyimpan, membuat, atau bertukar informasi. Dua kata yang berdampingan yaitu informasi dan komunikasi, sebenarnya keduanya memiliki makna yang berbeda. Jika dikaitkan dengan teknologi maka teknologi informasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan proses manipulasi data dan pengolahan informasi, contohnya yaitu computer. Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala hal yang berkaitan dengan proses penyampain atau pengiriman informasi dari pengirim ke penerima, contohnya yaitu handphone dan televisi.

Ternyata teknologi sangat berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Karena teknologi memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia. Ekonomi kreatif adalah salah satu pemanfaatan teknologi di bidang ekonomi dengan menggunakan konsep e-commerce. Diharapkan dengan adanya program tersebut dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia.  

Sistem jual-beli online adalah salah satu contoh pemanfaatan teknologi untuk membantu peningkatan ekonomi Indonesia. Hamper seluruh masyarakat Indonesia memilih untuk membeli barang secara online karena lebih murah, aman, cepat dan mempermudah proses jual-beli. Jual-beli online ini dapat berupa barang maupun jasa, misalnya jual-beli pakaian, kebutuhan rumah tangga, makanan, minuman, tukang cukur, kurir, sopir dan lain sebagainya.  

Kemajuan TIK merupakan pendorong globalisasi dan pesatnya pertumbuhan ekonomi dunia. Dimulai dari perkembangan satelit, serat optik, teknologi mobile dan internet dapat meningkatkan komunikasi global dan memasilitasi pertukaran informasi antara individu dan dunia. Adanya TIK dapt mengurangi biaya komunikasi dan memfasilitasi globalisasi pasar. Manfaat adanya TIK terhadap perekonomian yaitu (1) mendorong inovasi dan penyerapan ternologi, (2) meningkatkan efisiensi alokasi sumber daya, dan (3) mengurangi biaya produksi.

Perkembangan TIK dapat memperkuat daya saing sebuah negara dalam membangun perekonomian. Adanya perusahaan-perusahaan yang handal dalam pemanfaatan teknologi juga dapat meningkatkan pendapatan nasional yang nantinya dapat digunakan untuk menunjang kesejahteran penduduknya. Pada tingkat makro sendiri contohnya, perkembangan terknologi mendorong pembangunan ekonomi dan memberikan kontirbusi pada pertumbuhan eknonomi.

Jadi dapat disimpulkan bahwa perkembangan TIK sangat berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi suatu negara, tidak hanya Indonesia tetapi juga tingkat dunia. Selain pertumbuhan ekonomi menjadi salah satu faktor penting dikatakan suatu negara menjalankan pemerintahan dengan baik, pemanfatana teknologi dalam negara juga menjadi faktor penting dalam proses pertumbuhan ekonomi negaranya.

Daftar Pustaka

1. Wibowo, Eko Tulus. "Pembangunan Ekonomi Pertanian Digital Dalam Mendukung Ketahanan Pangan (Studi di Kabupaten Sleman: Dinas Pertanian, Pangan, dan Perikanan, Daerah Istimewa Yogyakarta)." Jurnal Ketahanan Nasional 26.2 (2020): 204-228.
2. Oktavia, Theresia. "Analisis Pengaruh Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) serta Pendidikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi." Prosiding National Simposium & Conference Ahlimedia. Vol. 1. No. 1. 2020.
3. Firmansyah, Dwi Satria. "Efek Limpahan Tenaga Kerja, Investasi, dan TIK terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia: Pendekatan Regresi Panel." Media Edukasi Data Ilmiah dan Analisis (MEDIAN) 4.01 (2021): 51-60.

Elva Elviana
Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara, Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim (Suska) Riau

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel

powered by