-->

Inilah Makanan dan Minuman yang Mengandung Flavonoid, Senyawa Anti Peradangan

Inilah Makanan dan Minuman yang Mengandung Flavonoid, Senyawa Anti Peradangan.lelemuku.com.jpg

JAKARTA SELATAN, LELEMUKU.COM - Flavonoid memiliki beragam manfaat untuk tubuh, salah satunya memperbaiki sel yang rusak akibat radikal bebas. Mengutip Healthline, ada enam jenis flavonoid dalam makanan atau minuman yang masing-masing berlainan saat dipecah dalam tubuh.

Flavonoid merupakan senyawa yang bersifat antiperadangan. Senyawa itu berguna meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Mengutip Healthline, senyawa itu membantu tubuh berfungsi lebih efisien sekaligus melindunginya dari racun dan stres. Flavonoid juga mengandung antioksidan.

Jika rutin mengonsumsi flavonoid bermanfaat mencegah risiko sejumlah penyakit kronis, antara lain kanker, penyakit kardiovaskular, gangguan neurodegeneratif, dikutip dari National Library of Medicine.
Sumber asupan mengandung flavonoid

1. Buah beri

Semua jenis buah beri mengandung flavonoid. Walaupun beberapa varietas ada yang lebih banyak kandungan flavonoid daripada yang lain. Blackberry salah satu varietas yang banyak mengandung flavonoid.

2. Kol ungu

Sayuran ini mengandung antosianidin yang telah dipelajari manfaatnya untuk melindungi tubuh dari pertumbuhan sel kanker, penyakit kardiovaskular, diabetes, dan gangguan kognitif terkait usia.

3. Bawang

Bawang bahan dasar bumbu untuk sajian makanan. Bawang sumber nutrisi yang tepat, salah satunya flavonol yang mengurangi risiko kanker prostat.

4. Sitrus

Deretan buah sitrus seperti jeruk, lemon, dan jeruk nipis juga mengandung flavanon.

5. Teh

Minum teh juga bermanfaat asupan flavonoid dalam menu harian. Teh hijau, oolong, teh hitam mengandung flavonoid yang tinggi.

6. Cokelat hitam

Cokelat hitam mengandung banyak flavonoid. Sejak lama, kakao telah dipelajari karena sifatnya yang meningkatkan fungsi kognitif dan memberikan efek perlindungan sistem jantung dan pembuluh darah (kardiovaskular).

7. Kedelai

Kedelai merupakan sumber isoflavon. Mengonsumsi makanan seperti edamame, tahu, tempe, dan kecap cara yang tepat untuk meningkatkan asupan isoflavon. (Winda Oktavia| Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel

powered by