-->

Kurangi Gula dan Tidur Cukup Jadi 2 dari 5 Cara Sederhana agar Tubuh Awet Muda

Kurangi Gula dan Tidur Cukup Jadi 2 dari 5 Cara Sederhana agar Tubuh Awet Muda.lelemuku.com.jpg

JAKARTA, LELEMUKU.COM - Tubuh yang awet muda dan selalu bugar menjadi keinginan semua orang. Sayangnya waktu tak bisa dihentikan. Satu-satunya cara untuk membuat tubuh tak cepat menua adalah menjalani gaya hidup sehat.

Ada beberapa cara sederhana yang didukung ilmu pengetahuan untuk mencegah efek penuaan. Dialnsir dari eatthis.com, Sabtu, 26 Juni 2021, simak lima di antaranya.

1. Stop minum soda

Sebuah penelitian di University of California-San Francisco menemukan bahwa orang yang mengonsumsi lebih banyak minuman manis, seperti soda, memiliki telomer,  bagian dari sel kita yang menyimpan DNA, yang lebih pendek. Telomer menjadi lebih pendek seiring bertambahnya usia. Ketika sel ini terlalu pendek, mereka mati. "Konsumsi soda manis secara teratur dapat mempengaruhi perkembangan penyakit metabolik melalui penuaan sel yang dipercepat," tulis penulis studi tersebut.

2. Kurangi gula

Efek gula pada penambahan berat badan tidak membuat orang kapok mengonsumsinya. Tetapi jika tahu bahwa gula membuat tubuh cepat tua, masih mau makan banyak gula?  

Kulit kita didukung oleh dua senyawa, kolagen dan elastin, yang membuatnya tampak montok dan awet muda. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Clinical Dermatology, Kadar gula yang tinggi akan mengikat asam amino dalam kolagen dan elastin, merusaknya dan menghalangi upaya tubuh untuk memperbaikinya.

3. Kurangi stres

Bukan hanya gula, usahakan untuk mengurangi stres juga. Harvard Medical School melaporkan bahwa stres kronis juga dapat memperpendek telomer. Telomer tidak hanya memperpendek proses penuaan secara literal, tetapi orang dengan telomer yang lebih pendek berisiko terkena penyakit serius termasuk penyakit jantung dan kanker.

4. Minum alkohol secukupnya

Alkohol membuat tubuh dehidrasi dan menyebabkan peradangan, dua hal yang membuat tubuh terlihat lebih tua. Sebuah studi pada 2019 terhadap lebih dari 3.200 wanita menemukan bahwa mereka yang minum lebih dari delapan gelas alkohol seminggu memiliki lebih banyak garis wajah bagian atas, bengkak di bawah mata, komisura (penghubung saraf) oral, kehilangan volume wajah bagian tengah, dan pembuluh darah daripada wanita yang minum cukup atau tidak sama sekali.

5. Tidur cukup

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Clinical and Experimental Dermatology, wanita yang mendapatkan tidur berkualitas mengalamim pemulihan penghalang kulit 30 persen lebih baik dan penuaan kulit yang secara signifikan lebih rendah daripada wanita yang  kurang tidur. Jadi, agar awet muda, selalu tidur cukup dan berkualitas. Pakar merekomendasikan tujuh hingga sembilan jam tidur berkualitas setiap malam. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel