-->

Provinsi Maluku Raih 6 Anugerah Pesona Indonesia (API) 2020

Provinsi Maluku Raih 6  Anugerah Pesona Indonesia (API) 2020.lelemuku.com.jpg

LABUAN BAJO, LELEMUKU.COM - Provinsi Maluku meraih 6 Anugerah Pesona Indonesia (API) tahun 2020 yang dilaksanakan Kementerian Pariwisata (KemenPar) RI pada Kamis, (20/05/2021) di Inaya Bay Komodo Hotel Labuan Bajo, Manggarai Barat Nusa Tenggara Timur.

6 penghargaan berskala nasional pada 6 kategori berbeda tersebut diantaranya:  Rumah Pohon Waai di Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) sebagai Juara 1 Destinasi Kreatif Terpopuler; Welora di Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) sebagai Juara 1 Destinasi Baru Terpopuler; Ambon City of Music di Kota Ambon sebagai Juara 1 Brand Pariwisata Terpopuler.

Selanjutnya Tenun Tanimbar di Kabupaten Kepulauan Tanimbar sebagai Juara 2 Cinderamata Terpopuler; Exoticmalukutourism dari Dinas Pariwisata Maluku sebagai Juara 3 Promosi Pariwisata Digital Terpopuler; dan Tarawesi Motocross di Kabupaten Buru sebagai Juara 3 Wisata Olahraga dan Petualangan Terpopuler.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Ambon. R. Hayat penghargaan ini merupakan sebuah prestasi dari upaya yang selama ini dilakukan oleh Walikota Ambon Richard Louhenapessy dan Wakil Walikota Ambon, Syarif Hadler yang berupaya membuat citra Ambon City of Music sebagai branding yang bukan lagi secara Nasional tetapi Internasional yang dibuktikan dengan pengakuan dari UNESCO.

Sementara Bupati MBD,  Benyamin Noach bersama SKPD terkait yang menghadiri malam penganugerahan tersebut menyatakan hal ini sebagai tanda adanya prestasi MBD mengembangkan potensi wisata daerah.

"Ini adalah kali kedua MBD mengdapatkan penghargaan dalam ajang yang sama. Setelah destinasi wisata Gunung Kerbau yang menyabet peringkat kedua pada API 2019. Welora merupakan  salah satu dari tiga desa kecil yang berada pada Pulau Dawera yang memiliki luas 35,06 km² dan berada pada ketinggian 60 meter di atas permukaan laut," kata dia.

Pagelaran malam API dihadiri oleh perwakilan dari seluruh destinasi di tanah air yang masuk nominasi API 2020. API merupakan rangkaian tahunan yang telah diselenggarakan sejak tahun 2016, sebagai ajang nasional bergengsi dan terbesar dalam upaya memberikan apresiasi wisata di Indonesia.

Acara ini merupakan bentuk upaya membangkitkan apresiasi masyarakat terhadap pariwisata Indonesia, serta mendorong peran serta berbagai pihak, baik masyarakat, pihak swasta, maupun pemerintah dalam mempromosikan wisata dan mengembangkan ekonomi kreatif di masing-masing daerah. (Albert Batlayeri)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel