-->

Usman Tamnge Hadiri Syukuran Pengukuhan Rat Tivle, Djafar Tamher

Usman Tamnge Hadiri Syukuran Pengukuhan Rat Tivle, Djafar Tamher.lelemuku.com.jpg

TUAL, LELEMUKU.COM - Wakil Walikota Tual, Maluku Usman Tamnge, SE dalam menyampaikan sambutan Walikota Tual pada acara syukuran pengukuhan Rat Tuvle (Raja Tual) Djafar Tamher, SE yang berlokasi di kediaman Rat Tuvle Jalan Fidnang Armauw, Selasa (09/03/2021).

Acara tersebut dihadiri pula oleh Sekda Kota Tual Akhmad Yani Renuat, S.Sos., M.Si dan Ketua DPRD Kota Tual Hasan Syarifudin Borut, SE.

Raja adalah lambang kesejahteraan dan kebagaiaan bagi warganya maka keberadaan Raja ditengah masyarakat sangatlah diharapkan.“Pengukuhan raja yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu merupakan wujud dari penyerahan kedaulatan rakyat kepada Raja sebagai pemimpini dalam menjalankan wewenang untuk mengatasi berbagai masalah yang terjadi dalam masyarakat adat Tuvle”. Ujar Pak Usman Tamnge dalam sambutanya.

Lebih lanjut dalam sambutanya beliau menyampaikan bahwa “Kedudukan dan peran Rat (Raja) dalam filosofi masyarakat kei disebut dengan “Uun Turun Naf’en” yang berarti Raja berkedudukan sebagai pengambil keputusan dalam wilayah ratschap”. Sehingga diharapkan agar Raja dan Pemerintah Daerah bersinergi dalam upaya mewujudkan visi dan misi Kota Tual Sebagai Kota BERADAT (Beriman, Ekonomi Kerakyatan, Responsif, Akuntabel, Demokrasi, Amanah dan Transparan).

Merajut kebersamaan adalah sebuah amanat yang harus dihargai, dijunjung tinggi dan diterapkan untuk mendorong kerja sama dengan semua perangkat adat dengan kemurnian budaya guna mengembangkan nilai-nilai kearifan lokal agar tetap mekar dalam mempercepat proses perubahan dan kemajuan daerah. (humastual)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel