SMK Negeri 1 Tansel Lepas 241 Siswa Ikut Praktek Kerja Industri Tahun 2019 - #Lelemuku | Kebanggaan Anak Negeri - Portal Berita yang Informatif dan Objektif

SMK Negeri 1 Tansel Lepas 241 Siswa Ikut Praktek Kerja Industri Tahun 2019

SMK Negeri 1 Tansel Lepas 241 Siswa Ikut Praktek Kerja Industri Tahun 2019SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Tanimbar Selatan (Tansel), Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku melepas sebanyak 241 siswa yang akan mengikuti Praktek Kerja Industri (Prakerin) Tahun 2019 pada Senin (18/2).

Dalam arahan Kepala Kantor Cabang Dinas Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus Kepulauan Tanimbar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku J. Keliduan, S.Sos, yang diwakili oleh pengawas binaan SMA/SMK P. Liur S.Pd, kegiatan tersebut merupakan kewajiban bagi SMK untuk melaksanakan prakerin pada setiap tahun ajaran.

“Kegiatan ini merupakan implementasi daripada semua pengetahuan dan keterampilan yang siswa dapatkan di sekolah, bagaimana siswa terjun langsung di dunia usaha atau dunia industri. Peserta prakerin adalah duta sekolah,” kata dia.

Liur berpesan kepada para siswa untuk memanfaatkan kesempatan itu sebagai bekal meraih cita-cita yang akan dilakukan hingga 27 April 2019 dengan wajib mengikuti segala aturan, menjaga sopan santun dan etika, aktif bertanya dan menjaga keamanan dalam menggunakan alat atau fasilitas saat praktek.

SMK Negeri 1 Tansel Lepas 241 Siswa Ikut Praktek Kerja Industri Tahun 2019Kemudian kepada guru pendamping harus bertanggung jawab untuk mengantar, melakukan monitoring dan menjemput para peserta kembali ke sekolah agar siswa bisa melaksanakan tanggung jawabnya dengan baik. Bagi para orangtua untuk selalu memberikan dukungan dengan mengecek langsung kehadiran para anak melalui guru pembina dan pendamping.

“Semoga dari 241 dari hari pertama sampai hari terakhir semua dalam keadaan yang sehat walhafiat dan kembali ke lembaga pendidkan ini untuk melaksanakan tugas sebagai seorang siswa sehingga semuanya pada waktunya boleh berjalan dengan baik,” pesan dia.

Selepas arahan kegiatan dilanjutkan dengan penyematan tanda pengenal peserta Prakerin, penyerahan dokumen Prakerin kepada guru pendamping peserta Prakerin oleh Kepala SMK Negeri 1 Tansel, penyerahan kelengkapan peserta oleh orang tua atau wali siswa dan penyerahan sertifikat kepada peserta terbaik pada kegiatan pembekalan peserta Prakerin.

Prakerin adalah bagian internal dalam sistem pendidikan di SMK yang ditujukan untuk memberikan sarana penguasaan kompetensi bagi siswa yang relevan dengan kebutuhan dunia usaha atau dunia industri dan peserta didik diharapkan dapat memiliki wawasan industrialisasi secara utuh.

SMK Negeri 1 Tansel Lepas 241 Siswa Ikut Praktek Kerja Industri Tahun 2019SMK Negeri 1 Tansel mempunyai 8 program keahlian yang melaksanakan Prakerin Tahun 2019 dengan rincian peserta Program Nautika Penangkap Ikan (NKPI) sebanyak 36 orang di Kapal Tangkap Ikan Niaga, Agribisnis Perikanan Air Payau dan Laut sebanyak 18 orang di Budidaya Laut Ambon, Agribisnis Pengelolahan Hasil Perikanan sebanyak 6 orang di TPHPI SMK Negeri 1 Tansel.

Program Keahlian Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (ATPH) sebanyak 12 orang di Lahan Praktek SMK Negeri 1 Tansel, Lahan Percontohan Dinas Pertanian, Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) 61 orang di Lab Komputer SMK Negeri 1 Tansel, Balai Latihan Kerja Singosasi Malang dan Dinas Badan Instansi Vertikal di Tanimbar.

Teknik Konstruksi Kayu (TKK) sebanyak 21 orang di bengkel kayu TKK SMK Negeri 1 Tansel, Bengkel Jobery, Urlatuu dan Edi saumlaki, Teknik Instalasi (TITL) sebanyak 49 orang di UPT Singosari Malang, PT. PLN Rayon Saumlaki dan Larat, Tutukembong, Adaut dan Seira dan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) sebanyak 36 orang di BLK Singosari Malang, Bengkel Kayu SMK Negeri 1 Tansel.

Pembiayaan Prakerin bersumber dari swadaya orang tua sesuai dengan program keahlian masing-masing dan lokasi praktek dan dana operasional SMK Negeri 1 Tansel 2019. (Laura Sobuber)
loading...
Bagi ke WA Bagi ke G+

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email: redaksi@lelemuku.com atau whatsapp : +621343199624. Kiriman Berita/video/foto wajib disertai dengan biodata lengkap pengirim dan akan melalui proses moderasi.

Redaksi : redaksi@lelemuku.com
Iklan : iklan@lelemuku.com
Loading...
loading...