-->

Christian Tehuteru Tutup Opster TNI Kalwedo di Pulau Kisar

Christian Tehuteru Tutup Opster TNI Kalwedo di Pulau Kisar
WONRELI, LELEMUKU.COM - Kegiatan Operasi Teritorial (Opster) Tentara Nasional Indonesia (TNI) "Kalwedo" Tahun 2018 di Pulau Kisar, Kabupaten Maluku Tenggara Barat, Provinsi Maluku yang merupakan wilayah Kodim 1507/Saumlaki secara resmi dinyatakan selesai dengan ditandai Upacara Penutupan yang dihadiri  2.000 orang, di antaranya prajurit TNI dan masyarakat serta berbagai intansi lain dan anak Sekolah se-Pulau Kisar.

Selaku Inspektur Upacara (Irup) penutupan Ospter TNI "Kalwedo" dipimpin oleh Danrem 151/Binaiya Kolonel Inf Christian Kurnianto Tehuteru yang juga sekaligus sebagai Dansatgas Opster TNI "Kalwedo" TA. 2018, sedangkan selaku Komandan Upacara Letkol Inf Rahmad Saerodin (Dandim 1507/Saumlaki) di Lapangan Bukit Wakuray, Desa Wonreli, Kecamatan Pulau-pulau Terselatan, Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), Jumat (08/06).

Dalam sambutan Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Suko Pranoto yang dibacakan oleh Irup mengatakan selama 70 hari, para prajurit, unsur
Pemda, unsur Polri, unsur BUMN segenap komponen masyarakat telah bekerjasama menyelesaikan program Opster yang memberikan manfaat secara langsung kepada masyarakat di Kecamatan Pulau=Pulau Terselatan dan Kecematan Kisar Utara. 

"Kebersamaan yang sudah lama kita bangun dan selalu kita jaga ini merupakan sinergitas yang positif dalam mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi bangsa pada masa sekarang ini, salah satu diantaranya adalah dengan membantu Pemda dalam menyiapkan dan memperbaiki infrastruktur serta mengakselerasi program pembangunan yang sangat dibutuhkan masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan bersama," tutur Pangdam dalam amanat yang dibacakan oleh Irup.

Terkait dengan hal tersebut, pada kesempatan yang baik ini, Pangdam XVI/Pattimura selaku penanggung jawab Opster ”Kalwedo” juga menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak dan elemen masyarakat yang telah membantu secara moril dan materil, karena berkat kerja keras dan kesungguhan dari semua unsur, kegiatan Opster ”Kalwedo” ini dapat terselenggara dengan aman dan lancar sesuai dengan rencana.

Opster ”Kalwedo” Kodam XVI/Pattimura di wilayah Kabupaten Maluku Barat daya ini, telah menyelesaikan 100% sasaran fisik berupa pembangunan dan perbaikan infrastruktur, yang tersebar di berbagai Desa di Kecamatan Kisar Utara dan Pulau-pulau Terselatan, diantaranya adalah pembangunan Jalan Rabat atau jalan setapak, Pembangunan WC, Pembangunan Talud Penahan Tanah, Pembangunan Kantor Desa, Pembangunan bak penampung air, Rehab rumah, Pembangunan rumah rakyat, Pembangunan pagar rumah Pastori, dan Rehab rumah tidak layak huni. 

Disamping sasaran fisik, Opster juga telah menyelesaikan sasaran non-fisik berupa penyuluhan tentang kesadaran Bela Negara dan wawasan kebangsaan, penyuluhan tentang radikalisme dan terorisme, Penyuluhan tentang Bahaya laten komunis (Balatkom), Penyuluhan tentang kerukunan hidup beragama, menjunjung tinggi hidup dalam kebhinekaan dan menjunjung tinggi Pancasila sebagai landasan Ideologi Negara, Penyuluhan tentang bidang Kamtibmas, penyuluhan dan pelayanan KB serta Kesehatan Ibu dan Anak, penyuluhan dan implementasi BIOS 44 serta pengobatan massal.

Dalam pelaksanaannya sebelum Upacara Penutupan dimulai juga di tampilkan Deklarasi Kisar Cinta NKRI yang dibacakan Oleh Ikatan Latupati Pulau Kisar dan Pengibaran Bendera merahputih sebanyak 2000 buah serta diikuti dengan Paduan Suara dari dan tarian seni daerah yang dibawakan oleh Siswa-siswi dari SMA N 1 Pulau-pulau Terselatan.

Turut hadir dalam upacara penutupan tersebut, Irdam XVI/Pattimura Kolonel Arh Karev Marpaung, Danrem 151/Binaiya, Kolonel Inf Christian Kurnianto Tehuteru, Plt Bupati MBD, Benjamin S. T. Noach, beserta unsur Forkopimda MBD, Dandim 1507/Saumlaki Letkol Inf Rahmad Saerodin, Camat Pulau-pulau Terselatan, Ricky Petrusz dan Camat Kisar Utara Yani Noach, Ketua Persit KCK Koorcab Rem 151 PD XVI/Pattimura, Ny. Christian K. Tehuteru serta Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Adat Pulau Kisar. (Penrem151)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel