-->

Bulan Purnama Picu Gelombang Pasang di Anyer dan Lampung Selatan

Bulan Purnama Picu Gelombang Pasang di Anyer dan Lampung SelatanJAKARTA, LELEMUKU.COM - Warga masyarakat di sekitar Pantai Anyer, Provinsi Banten dan Lampung Selatan, Provinsi Lampung pada Sabtu malam (22/12) dikejutkan dengan gelombang pasang yang cukup besar dan kencang.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana dalam pernyataan tertulis yang diterima VOA mengatakan berdasarkan laporan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika BMKG bahwa tidak ada gempa besar yang dapat membangkitkan tsunami, baik gempa di sekitar Selat Sunda maupun di Samudera Hindia; maka “fenomena yang ada saat ini bukan tsunami.” Fenomena ini merupakan gelombang pasang, apalagi saat ini bulan purnama sehingga permukaan air laut naik.

BNPB juga mengukuhkan bahwa fenomena gelombang pasang ini tidak ada hubungannya dengan erupsi Gunung Anak Krakatau, yang memang sempat mengalami erupsi Sabtu pagi.

Secara terpisah BMKG mengatakan pengamatan sementara menunjukkan terjadinya tsunami setinggi 0,9 meter di Serang. Sementara tsunami dengan ketinggian antara 0,28 meter hingga 0,35 meter terjadi di Pelabuhan Panjang, Kota Agung Lampung dan Banten; dan “peristiwa ini tidak disebabkan oleh aktivitas gempa bumi tektonik.”

Kedua badan berwenang itu mengimbau masyarakat tetap tenang dan menggunakan sumber-sumber resmi untuk mendapatkan informasi. (VOA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel