-->

7000 Orang di Ambon Pecahkan Rekor MURI Tarian Gemu Famire Serentak se Indonesia

7000 Orang di Ambon Pecahkan Rekor MURI Tarian Gemu Famire Serentak se IndonesiaAMBON, LELEMUKU.COM - Sebanyak 7000 orang yang terdiri dari  personel TNI-Polri Maluku bersama Pemerintah Kota Ambon dan Pelajar se-Kota Ambon, pada Selasa (4/9) pagi, kompak bersama-sama melaksanakan Pemecahan Rekor Musium Rekor Indonesia (MURI) Tari Gemu Famire atau Maumere dengan peserta terbanyak serentak di seluruh Indonesia, yang dipusatkan di Lapangan Upacara Lantamal lX/Ambon, Kec. Baguala, Kota Ambon.

Kegiatan tersebut juga diikuti oleh PNS TNI, anggota  Persit KCK PD XVI/Pattimura, anggota Jalasenatri Lantamal IX/Ambon dan anggota Pia Adriagarini Lanud Pattimura Ambon. Kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka menyambut dan memeriahkan HUT TNI ke -73  pada tanggal 05 Oktober 2018 mendatang.

Tari Gemu Famire ini dilaksanakan secara serentak di Markas TNI seluruh Indonesia, yaitu Markas Komando Daerah Militer, Pangkalan Utama TNI-AL, Pangkalan TNI-AU, Kantor Gubernur, dengan total peserta mencapai 346.829 orang.

Alasan dipilihnya tari “Gemu Famire” adalah karena melalui tari tersebut dapat menjadi suatu alat pemersatu bagi persatuan dan kesatuan Bangsa yang mana hampir seluruh Rakyat Indonesia mampu menarikannya.

Acara diawali dengan Pelaksanaan Video Conference Panglima TNI di dampingi Kapolri dan Para Kepala Staf Angkatan dengan Pangdam XVI/Pattimura didampingi Wakapolda Maluku dan  para Unsur Forkopimda Provinsi Maluku.

Usai Kegiatan, Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Suko Pranoto dalam wawancaranya di halaman Lantamal IX/Ambon mengatakan jumlah peserta yang terlibat Pemecahan Rekor Muri Tari Gemu Famire kali ini untuk wilayah Kodam XVI/Pattimura sekitar 11.000 orang, yang dipusatkan di Lantamal IX/Ambon melibatkan 7000 orang dan Maluku Utara yang dipusatkan di Ternate melibatkan 4000 orang.

“Jadi Tari Gemu Famire ini tari yang berasal dari daerah Maumere, Nusa Tenggara Timur, bukan hanya sebagai ajang melestarikan budaya Bangsa, tetapi juga kesehatan yaitu Olah raga, menjalin kekompakan bersama-sama antara TNI-Polri dan seluruh lapisan Masyarakat”, ujar Pangdam.

“Kita sama-sama secara  serempak seluruh Indonesia bersama Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto melaksanakan Pemecahan Rekor Muri Senam atau Tari Gemu Famire,  mulai dari ujung Timur sampai Barat Indonesia”, pungkas Pangdam.

Kedepan selain kegiatan Pemecahan Rekor Muri Tari Gemu Famire atau Maumere, Kodam XVI/Pattimura juga akan melaksanakan kegiatan bakti sosial, donor darah, bersepeda (fun bike),  lomba-lomba bagi TNI yang ada di Maluku dengan turut melibatkan Masyarakat dalam rangka memeriahkan HUT TNI ke -73. (Pendam16)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel