-->

Tanah Papua Tolak Hubungan Sesama Jenis di Konferensi AIDS Amsterdam

Tanah Papua Tolak Hubungan Sesama Jenis di Konferensi AIDS AmsterdamJAYAPURA, LELEMUKU.COM - Konferensi AIDS dunia yang ke-22 di Amsterdam Belanda, Jumat akhir pekan kemarin resmi ditutup. Pendeta Ester Wanda yang juga Direktur Lembaga YPPM Papua sebagai salah satu rombongan Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Papua, menyambut positf hasil-hasil yang disepakati dalam konferensi tersebut, dimana diantaranya tegas menolak hubungan antar sesama jenis.

Meski sempat diwarnai sejumlah aksi demo, lebih khusus oleh kelompok gay atau sesama jenis pria, pelaksanaan konferensi berlangsung aman. Dimana, kelompok tersebut  menuntut dunia agar mengakui keberadaan mereka dan dilegalkan secara hukum.

“Saya yang hadir di Amsterdam, Belanda dalam Konferensi AIDS dunia mewakili Sinode Gereja di Tanah Papua tegas mengatakan, gereja  menolak keras perilaku tersebut. Kami berharap hubungan antar sesama pria atau gay,  takkan pernah diterima di Indonesia, apalagi masuk ke Tanah Papua. Sebab Pemerintah Belanda melegalkan hubungan antar sesama, sehingga tak heran di Amsterdam disediakan tempat untuk komunitas gay berkumpul,” terang dia.

Meski secara umum ia puas atas capaian hasil konferesni, namun Ester Wanda mengkritsi ketidakterlibatan gereja dalam konferensi tersebut, padahal lembaga merupakan pihak yang memberi penguatan terutama dalam memberikan pelayanan firman Tuhan kepada orang yang terjangkit virus HIV/AIDS.

Sementara KPA Provinsi Papua dalam konferensi tersebut berpartisipasi mengikuti pameran dengan membuat stand utusan Papua di arena Konferensi AIDS International 2018, yang telah berakhir kemarin di Amsterdam, Belanda.

Stand pameran Papua berukuran lumayan luas, berdekatan dengan stand milik Kementerian Kesehatan RI yang justru berukuran kecil.

Materi pameran yang ditampilkan Papua pun lebih banyak dan bervariasi, ketimbang stand Kementerian RI yang hanya memamerkan beberapa kain batik dan pamflet data soal HIV Aids di Indonesia.

Perlu diketahui, Papua adalah satu-satunya provinsi di Indonesia yang hadir dalam konferensi tersebut. Stand pameran Papua diseting dengan back ground gambar Kota Jayapura, serta gambar-gambar adat di Papua, termasuk menjajakan berbagai pernik2 khas Papua yang dijual murah meriah, sehingga menarik dikunjungi para peserta.

Penanggung jawab pameran dari KPA Papua Frenky Ivakdalam mengaku puas melihat animo pengunjung yang masuk ke stand Papua. (DiskominfoPapua)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel