-->

DPRP Minta Pengembangan SDA Papua Fokus Dulu Pada Satu Komoditi

DPRP Minta Pengembangan SDA Papua Fokus Dulu Pada Satu Komoditi
JAYAPURA, LELEMUKU.COM - Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP) minta agar pengembangan sumber daya alam (SDA) bumi cenderawasih, lebih fokus pada satu komoditi sebelum beralih pada hal lainnya.

Menurut Ketua Komisi II DPR Papua Herlin Beatrix Monim, dengan lebih fokus pada satu komoditi, dirinya yakin pengembangan maupun pemasaran suatu komoditi, bakal lebih maksimal.

“Potensi SDA Papua ini kan sangat luar biasa. Salah satunya misalnya sagu yang sudah diciptakan Tuhan didalam hutan sehingga tak perlu di budidaya. Mengapa saya minta fokus pada satu SDA dulu, supaya pengembangan benar-benar terfokus.”

“Seperti halnya Pemprov Gorontalo yang menggalakan pengembangan jagung dan karena fokus upaya pemdanya berhasil. Papua ini kan banyak komoditi, ada sagu kopi, kakao dan lainnya. Untuk itu, jika kita fokus seperti halnya Kabupaten Kepulauan Meranti yang hanya mengembangkan sagu, saya pikir Papua juga demikian akan bisa berhasil,” ucapnya di Jayapura, pekan lalu.

Fokus yang dimaksudkan Herlin adalah kebijakan pimpinan untuk mengarahkan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) mengembangkan salah satu komoditi, misalnya sagu. Dengan demikian, tak hanya ditopang oleh anggaran dari APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) dan DAU (Dana Alokasi Umum), tetapi semua OPD dalam program kerjanya mendukung pengembangan sagu.

“Tentunya pemerintah melakukan pembinaan kepada petani apalagi bagi mereka yang sudah punya lahan. Misalnya satu instansi fokus untuk pembudidayaan dan pengembangan. Lalu ada instansi yang memasarkan. Sehingga tidak tumpang tindih perencanaan dan program kerjanya.”

“Sebab tujuanya kan sama untuk supaya komoditi ini berhasil dikembangkan. Sebab jika kita tak fokus pastinya pengembangan komoditi di Papua tidak bisa maksimal,” katanya.

Sebelumnya, Penjabat Gubernur Papua Soedarmo mengajak kepala SKPD dan para bupati untuk mengunjungi Kabupaten Kepulauan Meranti untuk meninjau pengembangan sagu.

Pasca peninjauan pengelolaan pabrik dan home industri tepung sagu di kabupaten itu, Penjabat Gubernur Papua Soedarmo meminta para bupati untuk segera mengkoordinasikan pengembangannya di masing-masing wilayahnya.

“Jangan tunda-tunda lagi. Saya harap pekan ini sudah bisa mulai dikoordinasikan bersama pihak terkait untuk pengelolaannya. Kita mesti memulai dulu dari sagu sebelum ke komoditi lain,” terangnya.

Dia tambahkan, keinginannya untuk mendorong pengelolaan sagu di Papua semata-mata kepedulian kepada masyarakat pemilik ulayat agar diberdayakan dan memiliki pendapatan guna meningkatkan taraf hidup maupun perekonomiannya.

Oleh karenanya, dalam sisa jabatan yang dimiliki tersebut, dirinya akan mendorong seluruh bupati untuk meningkatkan pengelolaan dan pemanfaatan pohon sagu di Papua.  (DiskominfoPapua)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel