-->

Alami Kendala, Yoksan Batlayar Ingin Perbaiki PDAM MTB

Alami Kendala, Yoksan Batlayar Ingin Perbaiki PDAM MTB
SAUMLAKI, LELEMUKU.COM -  Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku hingga kini mulai mengalami perubahan yang signifikan. Perubahan tersebut terlihat dari disiplin pegawai yang diakui sudah mulai membaik dalam berbagai hal, meskipun pembayaran gaji pegawai  masih mengalami keterlambatan.

Direktur PDAM Kabupaten MTB Yoksan Batlayar yang dikonfirmasi menjelaskan, gaji pegawainya hanya tergantung pada pendapatan sehingga alasan keterlambatan pembayaran gaji pegawai mesti dipahami dan tidak disamakan dengan ASN yang menerima gaji setiap awal bulan berjalan.

Menurut Batlayar, Gaji pegawai sudah terbayar pada bulan Mei dan Juni, sedangkan gaji bulan Juli akan dibayarkan pada bulan Agustus ini. 

”Saya pikir untuk gaji tidak ada masalah, karena kita sudah berupaya menekan pengeluaran dan meningkatkan pendapatan,” ujar Batlayar.

Diakuinya, perusahaan yang sedang dipimpinnya masih mempunyai hutang yang merupakan salah satu penyebab kekosongan pada kas perusahaan, namun hal itu tidak menjadi kendala untuk pembayaran gaji pegawainya.

”Jadi terhadap gaji itu saya sangat optimis akan diselesaikan. Kecuali pegawai cabang seperti di Adaut, Kecamatan Selaru yang belum menerima gaji sejak bulan Mei lalu karena belum beroperasi dengan alasan sejumlah peralatan seperti mesin, mengalami kerusakan karena termakan usia, ” beber Batalayar

Menyinggung soal penyertaan modal dari Pemerintah Daerah yang diharapkan untuk membantu menyelesaikan hutang opersional perusahaan, Batlayar mengaku pihaknya telah mengajukan permintaan pagu senilai Rp750 juta, namun yang direalisasikan baru Rp500 juta.

“Dari 500 juta itu kalau kita jumlah pengeluaran khususnya utang -piutang dan operasional perusahaan sebenarnya belum cukup, tetapi ya itu yang kita terima,  terpaksa itu yang akan kita kelola, dan yang akan kita pertanggungjawabkan kepada Komisi C DPRD MTB pada tahun 2019 mendatang,  sedangkan gaji pegawai kita pertanggungjawabkan kepada Bupati,” ungkap Batlayar. 

Ditambahkan, jumlah keseluruhan pelanggan Air di Kabupaten Maluku Tenggara Barat sebanyak 6.805 terdiri dari pelanggan aktif sebanyak 6.168 dan tidak aktif 637. (DiskominfoMTB)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel