-->

Tim Mabesad Tinjau Lokasi Pembangunan Makodim Sorong Selatan

Tim Mabesad Tinjau Lokasi Pembangunan Makodim Sorong SelatanTEMINABUAN, LELEMUKU.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sorong Selatan (Sorsel), Provinsi Papua Barat telah menyediakan lahan seluas 2 hektar tahap pertama dan tahap kedua lahan seluas 8 hektar, untuk pembangunan Markas Komando Militer (Makodim) Sorong Selatan di Distrik Wayer. 

Untuk itulah Tim dari Markas Besar TNI-AD (Mabesad) turun ke Teminabuan untuk meninjau lahan atau lokasi yang akan dibangun Makodim Sorsel awal bulan Juli lalu. 

Tim Mabesad sebanyak 5 orang yang dipimpin Perwira Menengah (Pamen) Detasemen Markas (Denma) Mabesad Kolonel.Inf.Heri Rustandi  tiba di Teminabuan didampingi Tim dari Kodam XVIII/Kasuari dan Korem 171/PVT. Tim Mabesad bersama-sama dengan Bupati Sorsel Samsudin Anggiluli, SE dan Wakil Bupati (Wabup) Drs.Martinus Salamuk turun ke lokasi rencana pembangunan Makodim sekaligus bertemu dengan pemilik hak ulayat.

Pada kesempatan tersebut Kolonel Rustandi menjelaskan, bahwa timnya ditugaskan oleh Kepala Staf TNI-AD (KSAD) untuk melihat dari dekat lahan yang telah disiapkan oleh Pemkab Sorsel sebagai lokasi pembangunan Makodim Sorsel. 

"Kalau administrasi lahan 2 hektar tahap pertama selesai, kemungkinan besar tahun 2019 mulai dibangun secara bertahap oleh TNI-AD untuk membangun kantor terlebih dulu. Setelah itu baru bangun perumahan dan fasilitas penunjang lainnya," ujar dia. 

Ia menegaskan, bahkan kalau Pemkab Sorsel bisa mendukung TNI-AD bersama-sama untuk membangun Makodim Sorsel justru lebih baik. Pihaknya juga meminta dukungan masyarakat Kabupaten Sorsel terutama pemilik hak ulayat.

Sementara itu Bupati Samsudin Anggiluli menjelaskan, pihaknya bersyukur dengan kedatangan Tim dari Mabesad untuk melihat lokasi Makodim Sorsel. Pemkab Sorsel menyediakan lahan seluas 10 hektar, tahap I  yang 2 hektar sudah diproes adminsitrasinya dan dalam bulan ini sertifikat tanahnya sudah jadi dan akan dihibahkan ke Mabesad. 

"Dengan hadirnya Kodim Sorsel, TNI-AD bersama-sama dengan Pemkab Sorsel membangun Kabupaten Sorsel. Pemkab Sorsel juga akan mendukung untuk membagun fasilitas penunjang lainnya," ujar Bupati.

Senada dengan Bupati Samsudin Anggiluli, Ketua DPRD Jevries Kewetare, SP menegaskan, pihaknya siap mendukung kebijakan Pemkab Sorsel untuk pembangunan daerah ini, termasuk di dalamnya untuk menghadirkan Kodim Sorsel di Teminabuan.

Pemilik hak ulayat Tonce Arun juga menegaskan, pihaknya siap mendukung pembangunan Makodim Sorsel. Oleh karena itu pemilik hak ulayat menyerahkan lahan seluas 2 hektar tahap pertama dan Pemkab Sorsel sudah menyelesaikan kompensasinya dan kini tahap kedua menyerahkan lahan seluas 8 hektar lagi. 

Pemilik hak ulayat tidak minta apa-apa hanya meminta TNI-AD   membantu kalau ada anak-anak mereka yang ikut seleksi penerimaan prajurit TNI-AD. (HumasSorsel)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel