-->

Tangani HIV-AIDS, KPA Papua Sediakan Obat ARV

JAYAPURA, LELEMUKU.COM - Penanganan Penyakit menular HIV-AIDS di Provinsi Papua, tidak saja menjadi wacana, hal ini menjadi perhatian serius Pemerintah Provinsi Papua untuk menyelamatkan generasi Papua dengan menyediakan obat Antiretroviral (ARV) di semua layanan  kesehatan di Papua.

Plh KPA Daerah Papua yang juga selaku Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua, dr. Aloysius Giyai mengatakan, Saat ini jumlah pengidap HIV-AIDS perbulan maret 2018, tercatat di Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) daerah Papua sebanyak  35.000 kasus.

“Perkembangan Aids naik terus, 35ribu HIV kasus baru per bulan maret 2018, sisi lain dikawatirkan tetapi sisi lain pelaksanaan implementasi program kami berhasil, kenapa berhasil karena terget KPA Papua akhir desember 2017 sebanyak 25ribu tapi kemarin 32rb dan setelah 3 bulan dibulan maret menjadi 35rb itu artinya kami berhasil  mampu meyakinkan, memberikan pemahaman kepada masyarakat didesa semua lapisan masyarakat bahwa masyarakat segera memeriksakan diri VCT di puskesmas, klinik,  rumah sakit,  supaya dirinya cepat diketahui terinveksi HIV  dan bisa segera kita obati  kalau tidak sudah jadi AIDS tinggal tunggu mati,”jelas dr. Aloysius Giyai, usai menghadiri Pembukaan Konferensi Aids Internasional, di Amsterdam, Belanda, Selasa 24 juli 2018.

Ia menambahkan kalau semua sudah minum ARV tingkat penularan akan rendah karena menghambat produksi virus menjadi rendah,  karena sampai saat ini belum ada vaksin yang bisa membunuh virus HIV, sehingga pemberian ARV tujuan pemerintah.

Hal yang menjadi kendala bagi KPA adalah kurangnya disiplin pasien dalam menggunakan obat ARV untuk menghambat berkembangnya virus HIV pada pasien.

“Masih rendah kepatutan minum ARV ini yang harus bagaimana makanya strateginya yang saya berikan untuk mengatasi persoalannya yakni obat ARV wajib di siapkan semua sarana kepelayanan kesehatan di seluruh Papua, karena dulu hanya disediahkan di klinik dan rumah sakit terntentu, skarang klinik keagaman juga disediahkan obat ARV tanpa di pungut biaya,” ucap dr Aloysius Giyai.

Penanganan HIV/AIDS menjadi keseriusan Pemerintah Daerah dengan menghadirkan sejumlah kepala daerah yang di ikuti Wali Kota Jayapura dan Bupati Merauke dan Keerom dalam International AIDS Conference (IAC) yang di gelar 23-27 juli 2018 di Amsterdam, Belanda. (HumasJayapura)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel