-->

Petrus Fatlolon Harapkan UMKM dan Koperasi Tingkatkan Kemitraan Usaha

Petrus Fatlolon Harapkan UMKM dan Koperasi Tingkatkan Kemitraan UsahaOLILIT, LELEMUKU.COM - Bupati Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku, Petrus Fatlolon , SH., MH  mengatakan mengharapkan adanya upaya pendidikan dan pelatihan manajemen oleh Pemerintah Daerah (Pemda) MTB dapat memberikan fasilitas peningkatan kemitraan usaha bagi UMKM dan Koperasi yang ada di Kepulauan Tanimbar.

"Melalui pelatihan ini ada peningkatan pemahaman tentang pengelolaan koperas agar koperasi semakin meningkatkan pelayanan kepada anggota untuk memacu kegiatan ekonomi anggotanya sehingga tercipta koperasi yang handal, profesional dan mandiri," ujar Bupati dalam sambutannya yang yang dibacakan oleh Asisten II Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Kemasyarakatan dr. Edwin Tomasoa pada Rabu (18/7).

Dikatakan Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Manajemen Pengelolaan Koperasi dan Peningkatan Kemitraan Usaha Bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan Koperasi tahun 2018 di Kepulauan Tanimbar oleh Dinas Koperasi, Usaha Kecil, Menengah dan Transmigrasi MTB ini merupakan  salah satu upaya pemerintah mendorong kemitraan usaha tersebut.

"Sejalan dengan prioritas pembangunan Kabupaten MTB dalam hal pemberdayaan ekonomi masyarakat untuk melaksanakan berbagai kegiatan pelatihan yang terkait dengan peningkatakn dan pengembangan sumber daya manusia, salah satunya adalah sebagaimana yang hari ini kita laksanakan," ujar dia.

Ia menegaskan koperasi sebaga salah satu lembaga ekonomi yang menggerakan demokrasi ekonomi dapat diharapkan melalui usaha koperasi yang mengutamakan kepentingan bersama, dapat meningkatkan kesejahteraan anggota koperasi yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat .

"Untuk itu koperasi harus mampu berperan sebagai penyeimbang dalam kegiatan ekonomi rakyat dengan meningkatkan kualitas kehidupan berkoperasi," papar dia.

Dikatakan, sebagai penyeimbang kekuatan ekonomi , koperasi berperan dalam mendorong munculnya ekonomi biaya rendah. Dengan cara menjalinkerjasama antar koperasi yang saling menguntungkan untuk memacu peningkatan usaha ekonomi anggotanya dan membangun sistem manajemen yang baik serta memperhatikan setiap perubahan yang terjadi di sekitarnya.

"Sehingga mampu menghadapi persaingan usaha yang semakin ketat, terutama yang datangnya dari kekuatan usaha yang lebih besar dan mendominasi dalam pasar dan harga," papar Fatlolon.

Ia menegaskan peningkatan ekonomi saat ini telah mengalami perubahan yang sangat cepat dan mengarah pada pemantapan bentuk ekonomi pasar yang terbuka atau liberalisasi perdagangan bebas.

"Berkaitan dengan hal itu  persoalan yang akan dihadapi bangsa indonesia termasuk kita yang berada di MTB adalah bagaimana produk dan kegiatan pelaku ekonomi kita memiliki kemampuan daya saing dalam pasar regional maupun global,"  ungkap dia.

Sembari menegaskan bahwa salah satu strategi untuk mewujudkan kemandirian sebagai sikap dan budaya SDM pelaku ekonomi tersebut adalah melalui pengembangan usaha, kemantapan sikap, perilaku kewirausahaan, penguatan modal dan kemampuan dalam penguasaan teknologi.

"Perkembangan UMKM dan Koperasi memiliki potensi besar untuk meningkatan taraf hidup masyarakat yang ditunjukkan melalui keberadaan UMKM dan koperasi yang mencerminkan wujudnya kehidupan sosial dan ekonomi rakyat Indonesia," tegas dia. 

Fatlolon menandaskan bahwa penyelanggaraan pelatihan dan peningkatan kemitraan ini dapat terbina dan terus terjaga hingga berkelanjutan di waktu mendatang. (LauraSobuber)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel