-->

Pemkot Jayapura Gelar Festival Teluk Humbold ke 10

JAYAPURA, LELEMUKU.COM - Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura, Provinsi Papua melalui Dinas Pariwisata akan menggelar Festival Teluk Humbold Ke-10, 5-7 Agustus 2018. Festival Teluk Humbold Tahun 2018 kali ini mengmbil tema Beat Of Culture atau Harmoni Budaya yang berarti seirama dalam berkarya untuk membangun Kota Jayapura.

Pegelaran tahun ini akan sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, karena lokasi perhelatan Festival ke-10 ini dipindahkan dari lokasi awal di areal pantai bebek atau pantai hamadi ke lokasi jalan Ring Road, sekitar 1.120m dari badan jalan sebelum areal pantai bebek atau Pantai Hamadi.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Jayapura Mathias B. Mano, S. Par., M. Kp mengatakan, pemindahan ini dilakukan karena pada lokasi awal pelaksanaan Festival yang biasa digunakan harus direkonstruksi,karena rusak akibat diguncang gempa baru-baru ini.

“Ini merupaan solusi karena lokasi awal akan direhap, karena rusak akibat gempa berapa waktu lalu, pemindahan ini hanya sementara, kami pindahkan dari pantai hamadi ke lokasi jalan Ring Road,’’ujar Mathias Mano, S.Par., M.Kp, saat melukan survey ke areal jalan Riang Road beserta Panitia Festival, Jumat 13 Juli 2018.

Meski demikian dirinya menjamin Festival Ke-10 tahun 2018 ini akan tetap diselenggarakan dengan baik dan lancar dengan tetap menampilkan beragam tarian dari 14 Kampung Port Numbay, Volk Song dan juga variasi tarian lainnya, Souvenir dan juga beragam kuliner khas masyarakat asli Port Numbay.

Mathias Mano menjelaskan semua persiapan terkait hal-hal teknis seperti lampu jalan, tenda, dukungan air bersih dan pasokan listrik telah dilakukan, penyiapan tong-tong sampah, termasuk juga berkoordinasi dengan pemerintah Provinsi Papua selaku pemilik jalan Ring Road.

“Pada saat ini kita melakukan survey yang kedua kali untuk persiapan panggung dan juga pencahayaan untuk pembuatan lampu jalan sepanjang kurang lebih 1,3 kilo meter dijalan Ring Road ini dan pada saat pelaksanaannnya nanti persiapan-persiapan yang kita lakukan dari sekarang mulai dari jalan dan panggung, kami juga berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Papua dalam hal ini Dinas PU & PR yang membangun jalan Ring Road pada saat ini, kami diberikan akses saat pelaksanaan boleh digunakan,”lanjut Mathias Mano.

Lokasi jalan Ring Road sebagai lokasi baru festival dijamin menyuguhkan pemandangan exotisme yang lebih menantang mengingat para pengunjung dan tamu undangan akan meihat langsung panorama laut di sore hari di pantai Hanyaan serta dua Kampung asli Port Numbay  yakni Tobati dan Enggros juga jembatan Hamadi-Holtekam dari lokasi tersebut dan aktivitas hilir-mudik nelayan dan transportasi laut di Teluk Youtefa.

“Untuk itu kami mengundang seluruh masyarakan Kota Jayapura untuk hadri pada saat Festival Teluk Humbold Ke-10 nanti tanggal 5-7 Agustus 2018, mari kita sama-sama melestarikan budaya asli Port Numbay dan daerah kita masing-masing dengan mengikuti ataupun menyaksikan pegelaran tarian, kuliner dan juga pegelaran souvenir tradisional Port Numbay yang ada di Kota Jayapura,”cetus Mathias Mano.

Pada kesempatan itu, Mathias Mano menyampaikan kepada seluruh masyarakat Kota Jayapura untuk sama-sama kita menjaga kebersihan dan keindahan kota Jayapura, terutama di areal pelaksanaan festival teluk humbold ke-10 dijalan ring road dengan tidak membuang sampah sembarangan dan marilah kita menjaga teluk Youtefa ini seluruh areal Festival Humbold ini.(HumasKotaJayapura)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel