-->

Kemenkes Bantu Penerapan Sistem Informasi Manajemen RSUD Jayapura

Kemenkes Bantu Penerapan Sistem Informasi Manajemen RSUD JayapuraJAYAPURA, LELEMUKU.COM - Pencatatan dan pelaporan untuk semua kegiatan penyelenggaraan rumah sakit saat ini menjadi sangat penting untuk diterapkan. Untuk rumah sakit rujukan, dimana setiap pencatatan dan laporan mesti masuk dalam sistem informasi manajemen rumah sakit.

Sayangnya, akibat terkendala sumber daya manusia, hingga saat ini, sistem informasi manajamen di RSUD Jayapura belum dapat diterapkan. Padahal untuk menerapkannya, dibutuhkan SDM handal termasuk fasilitas yang memadai.

Sadar akan hal itu, Inspektur Provinsi Papua, Anggiat Sitomorang selaku Plt. Dirut RSUD Jayapura, mengatakan telah mengambil sejumlah langkah agar sistem informasi manajemen dapat diberlakukan di rumah sakit tersebut dalam tahun ini.

Komunikasi telah dibangun, dimana pada akhirnya, pihak Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah bersedia untuk membantu penerapan sistem inforasi manajamen di RSUD Jayapura.

“Kita sangat gembira karena pihak Kementrian Kesehatan siap membantu penerapan sistem informasi manajemen di RSUD Jayapura.”

“Intinya penerapan sistem ini memang penting sekali dan diwajibkan pada setiap rumah sakit. Apalagi RSUD Jayapura ini merupakan rumah sakit rujukan di Provinsi Papua. Belum lagi kita harus memenuhi Peraturan Menteri Kesehatan No. 82 tahun 2013, yang mewajibkan setiap rumah sakit melakukan pencatatan dan pelaporan semua kegiatan penyelenggaraan rumah sakit melalui sistem itu,” terang dia.

Menurutnya, Penjabat Gubernur Papua Soedarmo baru-baru ini telah meminta manajemen RSUD Jayapura untuk segera menerapkan sistem itu. Pihaknya pun telah berupaya agar sebelum ditunjuk Dirut RSUD Jayapura yang baru, sistem informasi manajemen sudah dapat diterapkan di rumah sakit rujukan itu.

Sebelumnya, Gubernur Soedarmo menyebut perlu ada pembenahan total di RSUD Jayapura. Tak hanya dari fasilitas dan pelayanan, dia meminta sistem informasi manajemen rumah sakit perlu segera diterapkan.

“Saya sudah cek kesana, rumah sakit ini perlu ada pembenahan yang lebih baik terutama pelayanan kesehatannya. Tapi juga sistem manajemen rumah sakit perlu segera diterapkan,” imbaunya. (DiskominfoPapua)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel