-->

Focus Group Discussion (FGD) Provinsi Maluku Dalam Angka 2018 Tahap II

Focus Group Discussion (FGD) Provinsi Maluku Dalam Angka 2018 Tahap II
AMBON, LELEMUKU.COM - Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Maluku melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) Provinsi Maluku Dalam Angka 2018 Tahap II pada Kamis (19/7) di  Biz Hotel-Ambon.

Hal ini dilakukan setelah pada Focus Group Discussion (FGD) Tahap I yang dilaksanakan tanggal (26/7) , selanjutnya berdasarkan hasil evaluasi per 18 Juli 2018 data sektoral yang terkumpul dari OPD, Instansi dan Lembaga sudah mencapai 95 persen dan masih ada beberapa OPD, Instansi dan Lembaga yang sudah memasukkan datanya tetapi belum lengkap. 

Dalam arahannya Kepala BPS Maluku, Dumangar menyampaikan kepada seluruh peserta bahwa betapa pentingnya FGD ini yang bertujuan untuk melakukan pembahasan, perbaikan angka dan evaluasi data yang belum masuk dari beberapa OPD, Instansi atau Lembaga.

Ia juga mengharapkan melalui FGD ini terjalin diskusi interaktif antar peserta dengan para fasilitator yang dibagi menjadi 3 group diskusi sehingga publikasi Provinsi Maluku Dalam Angka 2018 lebih berkualitas baik dari konten maupun tampilannya dan dapat dirilis sesuai ARC tanggal 13 Agustus 2018. 

Ia juga menginformasikan bahwa Rancangan Peraturan Presiden (Ranperpres) tentang Satu Data Indonesia (SDI) saat ini sedang dalam proses menunggu ditandatangani oleh Presiden Jokowi. 

"Satu Data Indonesia bertujuan untuk mewujudkan data yang akurat mutakhir, terpadu, terintegrasi sebagai dasar perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pengendalian pembanunan melalui perbaikan tata kelola DATA pemerintah dan BPS diamanatkan sebagai sebagai pembina data statistik. semoga dalam waktu dekat Ranperpres dapat terealisasikan," harap dia.

Pada sesi pembukaan juga diperkenalkan aplikasi SIRITA, aplikasi ini merupakan proyek perubahan dari peserta DIKLATPIM IV yang sangat bermanfaat dalam proses INPUTASI data statistik sektoral dari masing-masing OPD, Instansi atau Lembaga. 

Sehingga diharapkan kedepan untuk pengumpulan data statistik sektoral tidak lagi mendatangi  OPD, Instansi atau Lembaga tetapi cukup hanya dengan melakukan Entry Data berbasis website. 

Kemudian dilanjutkan juga dengan promosi website BPS Provinsi Maluku, para peserta diperkenalkan cara mengunduh publikasi, BRS maupun tabel-tabel statis atau dinamis secara gratis.

FGD dibagi menjadi 3 group diskusi, group pertama yaitu group statistik sosial yang terdiri dari 23 OPD,Instansi atau Lembaga yang akan membahas BAB I-IV dan yang menjadi fasilitator yaitu Kabid. statistik sosial. 

Hroup kedua yaitu group statistik produksi sebanyak 18 OPD/Instansi/Lembaga yang akan dipandu oleh Kabid Statistik produksi dan Kabid. IPDS membahas BAB V-VI dan beberapa tabel pada BAB IV (tabel perguruan tinggi). 

Sedangkan group ketiga yaitu group statistik distribusi berjumlah 24 OPD/Instansi/Lembaga yang akan membahas BAB VII-X serta beberapa tabel BAB IV (tabel perguruan tinggi) dan yang akan menjadi fasilitator group ini yaitu Kabid. Statistik Distribusi dan Kabid. Neraca Wilayah dan Analisis Statistik. 

Diskusi pun berjalan sesuai yang diharapkan hal ini tampak pada suasana diskusi yang saling memberikan informasi dan data pendukung terkait data yang telah disampaikan juga peserta sangat responsif dalam melengkapi data yang masih belum lengkap baik dari sisi jumlah maupun redaksi judul tabel serta nama-nama variabelnya.

Berlangsungnya FGD ini tampak sukses dilihat dari jumlah peserta yang hadir yaitu berjumlah 64 orang, hal ini benar-benar diluar dugaan bahwa peserta yang hadir akan sebanyak ini. (HumasBPSMaluku)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel