-->

Edwin Tomasoa Buka Pendidikan dan Pelatihan Manajemen Pengelolaan Koperasi dan UMKM di Tanimbar

Edwin Tomasoa Buka Pendidikan dan Pelatihan Manajemen Pengelolaan Koperasi dan UMKM di TanimbarOLILIT, LELEMUKU.COM – Dinas Koperasi, Usaha Kecil, Menengah dan Transmigrasi Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku menggelar kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Manajemen Pengelolaan Koperasi dan Peningkatan Kemitraan Usaha Bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan koperasi di Kepulauan Tanimbar, pada Rabu (18/7).

Dalam Sambutan Bupati Petrus Fatlolon, SH., MH yang dibacakan oleh Asisten II Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Kemasyarakatan dr. Edwin Tomasoa mengatakan koperasi merupakan salah satu lembaga ekonomi yang dapat menggerakkan demokrasi ekonomi. Usaha koperasi dapat meningkatkan kesejahteraan anggota koperasi, yang berdampak pula pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Koperasi harus mampu berperan sebagai penyeimbang kekuatan ekonomi biaya rendah, dengan cara menjalin kerjasama antar koperasi yang saling menguntungkan untuk memacu peningkatan usaha ekonomi anggotanya dan membangun sistem manajeman yang baik serta mendominasi dalam pasar dan harga,” kata dia.

Ia mengutarakan untuk mengatasi tantangan dan permasalahan kualitas sumber daya pengelolahan koperasi serta umkm diperlukan upaya-upaya secara terus-menerus dan berkelanjutan melalui pendidikan dan pelatihan yang bersifat teknis termasuk kemampuan manajemen pengelolaan usaha dan kemampuan membuat serta menyusun neraca serta laporan keuangan koperasi serta memfasilitasi peningkatan kemitraan kepada pengelolaan koperasi dan UMKM.

“Masalah klasis yang selalu muncul dalam rangka pemberdayaan koperasi dan umkm adalah masalah peningkatan SDM yang umumnya disebabkan keterbatasan akses pendidikan dan pelatihan diperlukan adanya kerjasama antara koperasi dan UMKM dengan lembaga lainnya atau badan usaha lainnya,” urai Bupati Fatlolon.

Ia pun berharap melalui pelatihan tersebut bisa adanya pemahaman tentang pengelolaan koperasi agar koperasi semakin meningkatkan pelayanan kepada anggota untuk memacu kegiatan ekonomi anggotanya sehingga tercipta koperasi yang handal, professional dan mandiri serta dapat memberikan fasilitas peningkatan kemitraan usaha bagi umkm dan koperasi.

“Bagi seluruh peserta kegiatan ini agar dapat mengikuti materi yang disampaikan oleh narasumber dengan baik, sehingga hasil yang akan diperoleh melalui pendidikan dan pelatihan ini dapat dilaksanakan pada koperasi dan umkm masing-masing,” harap orang nomor satu di Kepulauan Tanimbar ini.

Sementara itu dalam Laporannya, Ketua Panitia Penyelenggara,  Anwar Tempore menjelaskan maksud dan tujuan kegiatan tersebut adalah untuk memberikan pengetahuan dan kemampuan manajerial pengelolaan usaha bagi para pengelola koperasi/KUD, meningkatkan pemahaman pengurus tentang prinsip-prinsip koperasi dan kemampuan usaha koperasi dan umkm secara professional.

“Meningkatkan pengetahuan penyusuanan laporan keuangan bagi pengurus koperasi dan membuka peluang kemitraan bagi koperasi dan umkm untuk memperoleh informasi, serta system pemasaran produk dalam pengembangan usaha,” jelas dia.

Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari, yaitu dari Rabu (18/7) hingga Jumat (20/7), yang bertempat di Aula Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Imakulata Saumlaki Jalan Sr. Makari Olilit Barat, Kecamatan Tanimbar Selatan (Tansel).

Peserta kegiatan Pelatihan Manajemen Pengelolaan Koperasi dan Peningkatan Kemitraan Usaha Bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan koperasi masing- masing berjumlah 60 orang dari perwakilan koperasi dan umkm di sepuluh Kecamatan di MTB.

Pemateri dalam ke-dua kegiatan tersebut diantaranya Ausgteintje Sahertian, SE., M.Si, Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Transmigrasi Mesakh Rahandekut, S.Pd., MPd, Sekretaris Dinas Koperasi, UKM dan Transmigrasi Karla Maturbongs, Bidang UMKM Dinas Koperasi UKM dan Transmigrasi, Bank BRI Unit Saumlaki, CV. Hati Amboina Saumlaki. (Laura Sobuber)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel