-->

DKP Papua Akan Maksimalkan Pengolahan Sagu Masyarakat

DKP Papua Akan Maksimalkan Pengolahan Sagu MasyarakatBATAM, LELEMUKU.COM - Dinas Ketahanan Pangan (DKP)  Provinsi Papua mewacanakan pemberian bantuan gergaji pohon bagi masyarakat, guna memaksimalkan pengolahan tanaman sagu diseluruh bumi cenderawasih.

Hal demikian disampaikan Kepala DKP Provinsi Papua Robert Eddy Purwoko di Batam, Provinsi Kepulauan Riau pada Jumat (20/7), yang sehari sebelumnya mengunjungi Kabupaten Kepulauan Meranti, guna melihat proses pengolahan sagu masyarakat setempat.

Menurut dia, pemberian bantuan peralatan gergaji pohon disamping bertujuan meningkatkan hasil produksi tanaman sagu, tetapi untuk memaksimalkan pertumbuhan home industri di Papua.

“Sebab kalau kita lihat pertumbuhan industri kecil rumahan di Papua biasanya hanya memakai kapak untuk menebang pohon sagu. Makanya kita akan mulai bekali mereka dengan gergaji pohon supaya bisa memudahkan mereka dalam melakukan pengolahan sagu,” kata dia.

Masih dikatakan, dari kunjungan ke Kepulauan Meranti, pihaknya menilai masyarakat memperoleh penghasilan yang cukup dari mengolah sagu. Dimana selain mereka miliki lahan tanaman sagu yang dibudidayakan, sebagian besarnya sudah mengolah secara skala industri kecil rumahan.

“Makanya, hal seperti ini yang ingin kita tiru untuk kemudian diterapkan di Papua. Awalnya dengan gergaji pohon dulu, kemudian kita bekali lagi dengan alat pendukung lain supaya mereka bisa kembankan sagu secara baik. Sebab selain bisa untuk  memenuhi kebutuhan karbohidrat sebagai pengganti nasi, sagu juga bisa untuk tingkat ekonomi keluarga,” terangnya.

Robert juga menuji kreativitas masyarakat Kepulauan Meranti yang berhasil mengolah sagu menjadi 369 jenis kuliner. Kendati tidak bisa menandingi Kepulauan Meranti, lanjut dia, Provinsi Papua sebenarnya memiliki cukup banyak makanan olahan dari sagu.

“Namun memang masih kalah banyak dari Kepulauan Meranti. Tapi akan kembali coba kita kembangkan lagi di Papua. Hanya yang utama untuk penuhi kebutuhan keluarga dulu. Intinya kita dorong subsitusi dengan beras dulu sebab karbohidrat dari sagu ini lebih baik dari beras,” terangnya.

Robert menambahkan, sekembalinya ke Jayapura, akan memberi pelatihan bagi masyarakat supaya lebih gemar mengolah sagu menjadi berbagai macam makanan olahan. 

“Apalagi saat ini sudah ada instruksi Penjabat Gubernur kepada instansi pemerintah, perhotelan dan restoran untuk sajikan kuliner pangan lokal, khususnya sagu.”

“Untuk itu, kedepan bersama instansi terkait kita akan membantu masyarakat untuk bisa mengolah sagu itu secara lebih baik,” tutupnya. (DiskominfoPapua)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel